Kamis 21 Jan 2021 15:22 WIB

LG akan Hengkang dari Bisnis Smartphone?

Bisnis smartphone LG telah rugi selama 14 kuartal berturut-turut.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
LG Wing dibanderol harga 1.098.900 won atau sekitar Rp 14 juta.
Foto: LG
LG Wing dibanderol harga 1.098.900 won atau sekitar Rp 14 juta.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL—LG Electronics dikabarkan mempertimbangkan untuk meninggalkan bisnis smartphone tahun ini. Kabar ini menurut memo internal yang bocor yang dikeluarkan oleh CEO Kwon Bong-seok.

Menulis pada staf, Kwon mengatakan masa depan bisnis seluler LG tetap tidak pasti. “Terlepas dari adanya perubahan arah operasi bisnis smartphone, penyerapan tenaga kerja akan tetap dipertahankan, jadi tidak perlu khawatir,” ujar Kwon, dilansir dari The Register, Kamis (21/1).

Baca Juga

Perwakilan LG kemudian mengatakan pada The Korea Herald bahwa mereka sedang memeriksa semua peluang yang mungkin, termasuk menjual, mengurangi atau membongkar bisnis selulernya. “Karena persaingan di pasar global untuk perangkat seluler semakin ketat, sudah saatnya LG membuat penilaian yang dingin dan pilihan terbaik,” kata mereka.

Ini adalah kebalikan dari Kwon, yang sebelumnya telah menegaskan kembali komitmennya pada bisnis seluler LG dan menjanjikan pengembalian profitabilitas pada 2021 setelah 14 kuartal berturut-turut merugi. Pada acara CES 2020, kepala perusahaan mengatakan kebangkitan LG akan didorong oleh ponsel dengan faktor wow untuk merayu konsumen.

Nasib punya rencana berbeda. Dua bulan setelah Kwon menjanjikan kebangkitan LG, dunia melakukan karantina wilayah untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19. Penjualan ponsel menurun.

Rantai pasokan mengalami gangguan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Seluruh industri ponsel menderita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement