Sabtu 09 Jan 2021 04:35 WIB

Pesawat Kargo Cygnus Diluncurkan dari Stasiun Luar Angkasa

Cygnus akan sampai ke Bumi pada 26 Januari 2021.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Dwi Murdaningsih

Uji kebakaran

Pesawat luar angkasa Cygnus juga akan menguji Saffire-V dalam investigasi Keselamatan Kebakaran Pesawat Luar Angkasa (Saffire). Perilaku api dalam gayaberat mikro kurang dipahami. Karena itu, para ilmuwan ingin tahu lebih banyak tentang cara memprediksi pertumbuhan api dan cara memantau serta memadamkannya, untuk meningkatkan keselamatan penerbangan astronot di masa mendatang.

"Saffire-V meneliti pertumbuhan api dalam kisaran tekanan dan konsentrasi oksigen yang diharapkan dalam pesawat ruang angkasa eksplorasi masa depan," kata NASA. dalam gambaran seri Saffire.

Selain itu, kata NASA, Saffire-V juga mendemonstrasikan deteksi kebakaran, pemantauan produk pembakaran, dan pembersihan pasca-kebakaran menggunakan perangkat keras yang serupa dengan yang direncanakan untuk pesawat ruang angkasa eksplorasi manusia di masa depan.

Cygnus diperkirakan akan beroperasi selama sekitar dua pekan pada operasi SharkSat sebelum masuk kembali ke atmosfer. Pesawat ruang angkasa Cygnus ini dinamai astronot NASA Kalpana Chawla, sesuai nama astronot wanita pertama keturunan India. Chawla dan enam astronot lainnya tewas dalam kecelakaan pesawat luar angkasa Columbia pada 2003, di mana pesawat ulang-alik tersebut pecah saat masuk kembali ke Bumi.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement