Rabu 01 May 2024 18:41 WIB

Enam Bulan di Angkasa, 3 Astronaut China Kembali ke Bumi dengan Selamat

Kru Shenzhou-17 melakukan dua kali spacewalk selama bertugas di Tiangong.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Seorang peserta memfilmkan lencana yang menggambarkan stasiun luar angkasa Tiangong saat astronot Tiongkok untuk misi Shenzhou-18 mendatang. Li Guangsu, Ye Guangfu dan Li Cong bertemu dengan anggota media di Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di barat laut China, Rabu, 24 April 2024.
Foto: AP Photo/Andy Wong
Seorang peserta memfilmkan lencana yang menggambarkan stasiun luar angkasa Tiangong saat astronot Tiongkok untuk misi Shenzhou-18 mendatang. Li Guangsu, Ye Guangfu dan Li Cong bertemu dengan anggota media di Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di barat laut China, Rabu, 24 April 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga astronaut asal China telah kembali ke bumi dengan selamat pada Selasa (30/4/2024). Ketiga astronaut tersebut sebelumnya bertugas di stasiun luar angkasa Tiangong selama enam bulan.

Ketiga astronaut, Tang Hongbo, Tang Shengjie, serta Jiang Xinlin telah bertugas di stasiun luar angkasa Tiangong sejak Oktober 2023. Mereka meninggalkan Tiangong pada 29 April 2024 jam 20.43 ET (30 April 2024 jam 07.43 WIB) dan mendarat di situs pendaratan Dongfeng  di Inner Mongolia Autonomous Region pada 30 April 2024 jam 05.46 ET (30 April 2024 jam 16.46 WIB).

Baca Juga

Para astronaut mendarat di bumi dalam kapsul pembawa pulang (return capsule). Di area pendaratan, sejumlah kru pemulihan telah menunggu untuk membantu para astronaut.

Komandan Tang Hongbo menjadi astronaut pertama yang keluar dari kapsulnya. Sesaat setelah itu, Tang menyatakan bahwa dia merasa bangga terhadap negaranya dan merasa bersyukur telah melalui musim yang sangat indah, baik saat berangkat maupun saat pulang.

"Saya berangkat di musim gugur dan kembali di musim semi dan saya merasa saya telah melalui musim-musim yang sangat cantik," ujar Tang, seperti dilansir SpaceNews pada Rabu (1/5/2024).

Selama 180 hari di angkasa, Tang menyatakan bahwa dia telah menjalankan semua tugasnya dengan baik. Namun meski mendapatkan pengalaman yang luar biasa, Tang mengakui bahwa dia juga merindukan rumah setiap kali berada di atas dataran China.

"Saya merindukan rumah saya setiap kali saya berada di atas tanah air saya," lanjut Tang.

Tang dan dua astronaut lainnya merupakan bagian dari kru Shenzhou-17 yang akan melanjutkan pekerjaan kru Shenzhou-16 di Tiangong. Para kru Shenzhou-17 meluncur ke Tiangong pada 25 Oktober 2023.

Pada 25 April 2024, kru Shenzhou-17 menyambut kedatangan kru Shenzhou-18 yang dipimpin oleh Komandan Ye Guangfu. Kru Shengzhou-18 akan mengambil alih kendali Tiangong dan melanjutkan pekerjaan kru Shenzhou-17 di stasiun luar angkasa tersebut. Para kru sempat melakukan upacara serah-terima pada 28 April 2024 sebelum kru Shenzhou-17 kembali pulang ke bumi.

Selama bertugas di Tiangong, kru Shenzhou-17 melakukan dua kali spacewalk atau kegiatan di luar stasiun luar angkasa untuk melakukan perbaikan dan pemeliharaan pada panel surya. Panel surya tersebut sebelumnya mengalami kerusakan akibat hantaman mikrometeoroid.

Ketiga kru Shenzhou-17 sempat mengawasi kedatangan kargo Tianzhou-7 pada Januari lalu. Tak hanya itu, ketiga astronaut Shenzhou-17 juga mengirimkan ucapan selamat Imlek untuk para penonton televisi di bumi dan berpartisipasi dalam tes EEG yang berfokus pada kondisi otak manusia di angkasa.

Di sisi lain, para kru telah melakukan 84 percobaan in orbit dan menghasilkan lebih dari 200 sampel menurut China Central Television (CCTV). Saat kembali ke bumi, para kru Shenzhou-17 turut membawa lebih dari 400 material sampel yang telah terpapar ruang angkasa.

Kru Shenzhou-18 akan melakukan lebih dari 90 percobaan di Tiangong. Selain itu, mereka juga akan melakukan dua hingga tiga kegiatan di luar stasiun. Adysha Citra Ramadani

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement