Sabtu 09 Mar 2024 07:19 WIB

Palet Seberat Hampir Tiga Ton yang Dibuang dari ISS pada 2021 akan Segera Jatuh ke Bumi

Palet baterai EP-9 yang dibuang dari ISS pada 2021 diperkirakan jatuh pada 8-9 Maret.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Stasiun Luar Angkasa Internasional membuang palet seberat 2,9 ton yang membawa baterai bekas pada 11 Maret 2021. Foto ini diposting di Twitter oleh astronot NASA Mike Hopkins
Foto: NASA via Twitter
Stasiun Luar Angkasa Internasional membuang palet seberat 2,9 ton yang membawa baterai bekas pada 11 Maret 2021. Foto ini diposting di Twitter oleh astronot NASA Mike Hopkins

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sisa sampah seberat hampir tiga ton yang dibuang ke laut dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) hampir terjun ke Bumi. Expose Pallet 9 (EP9) multi ton dibuang dari stasiun luar angkasa pada Maret 2021. 

Pada saat itu, benda tersebut dilaporkan sebagai benda paling masif yang pernah dilempar ke laut dari ISS. Dilansir Space, Sabtu (9/3/2024), membuang peralatan bekas atau tidak perlu sedemikian rupa adalah praktik umum di stasiun luar angkasa, karena benda-benda tersebut biasanya terbakar tanpa membahayakan di atmosfer bumi. 

Baca Juga

Menjelang masuknya kembali EP9, Kantor Federal untuk Perlindungan Sipil dan Bantuan Bencana, Pusat Peringatan Nasional 1 di Bonn, Jerman mengeluarkan informasi berikut.

“Antara tengah hari pada 8 Maret dan tengah hari pada 9 Maret, sebuah benda luar angkasa yang lebih besar diperkirakan akan masuk kembali ke atmosfer bumi dan mungkin terfragmentasi,” jelas pernyataan yang diterjemahkan tersebut. 

“Objeknya adalah baterai dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Fenomena cahaya atau persepsi ledakan sonik mungkin terjadi.”

Postingan dari pusat peringatan menjelaskan bahwa “kemungkinan puing-puing menghantam Jerman dianggap sangat rendah. Jika risiko meningkat, Anda akan menerima informasi baru.” 

Menurut postingan media sosial oleh astronom Jonathan McDowell dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, baterai akan masuk kembali antara pukul 07.30 ET pada 9 Maret dan pukul 03.30 ET. 

“Kapal kargo HTV9 Jepang mengunjungi ISS pada Mei-Agustus 2020. Kapal tersebut meninggalkan, di ISS, palet peralatan seberat 2.633 kg yang membawa 9 baterai Stasiun yang dibuang. Palet ini terlempar ke laut oleh Canadarm-2 pada 11 Maret 2021 dan diperkirakan akan masuk kembali secara tidak terkendali besok,” tulis McDowell melalui akun X @planet4589 pada Kamis (7/3/2024). 

“Masuknya kembali palet baterai EP-9 yang dibuang dari ISS pada tahun 2021 saat ini diperkirakan (oleh Space Force) antara 8 Maret pukul 12.30 UTC dan 9 Maret pukul 08.30 UTC. Palet tersebut tidak akan terbakar seluruhnya saat masuk kembali - sekitar setengah ton pecahan kemungkinan akan mengenai permukaan bumi.”

Jerman mengeluarkan peta yang menunjukkan....

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement