Kamis 23 Dec 2010 20:22 WIB

Evolusi HSPA Tingkatkan Kecepatan Transfer Hingga 650 Mbps

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--T-Mobile USA dan Nokia Siemens Network mempromosikan standarisasi Long Term HSPA Evolution untuk menghadirkan kecepatan lalu lintas data lebih dari 650 Mbps (Megabit per second).

Para operator akan dapat mencapai kecepatan data puncak lebih dari 650 megabit per detik (Mbps), berkat sebuah standar HSPA yang didorong oleh T-Mobile USA dan Nokia Siemens Networks (NSN). Long Term HSPA Evolution akan meningkatkan layanan broadband bergerak dengan kecepatan seperti yang dijanjikan oleh LTE Advanced. Standarisasi teknologi HSPA itu diharapkan dapat digunakan secara komersial pada 2013.

Fitur-fitur utama Long Term HSPA Evolution yang diusulkan diterima dalam rapat pleno 3GPP RAN yang diadakan pada tanggal 7-10 Desember 2010. "Kami sangat percaya dengan evolusi HSPA yang berkelanjutan seiring dengan upaya pengembangan lebih lanjut LTE dan LTE Advanced," kata Neville Ray, chief technology officer T-Mobile USA, dalam siaran pers Rabu.

Ray menambahkan Long Term HSPA Evolution akan memungkinkan T-Mobile meningkatkan jaringan broadband bergerak 4G lebih dari kemampuan saat ini dan yang direncanakan dalam waktu dekat.

Selain itu juga memberi ruang yang cukup untuk peningkatan pertumbuhan dan penambahan kecepatan yang luar biasa. Kedua hal itu akan memperkuat posisi T-Mobile dalam hal kecepatan, cakupan, dan jalur evolusi layanan broadband bergerak, saat permintaan pelanggan terhadap layanan data  irkabel meningkat.

Platform Single Radio Access Network (RAN) dari NSN telah dipersiapkan untuk Long term HSPA Evolution. Para operator akan memiliki jalur evolusi yang mulus untuk menangani peningkatan trafik jaringan dengan biaya yang lebih terkontrol dengan diperkenalkannya teknologi baru ini.

Selain itu, semua fitur Long Term HSPA Evolution kompatibel dan dapat digunakan bersama-sama dengan menggunakan ponsel WCDMA dan HSPA  saat ini dalam jaringanoperator yang sama. T-Mobile USA, Inc adalah operator nirkabel milik Deutsche Telekom AG di Amerika yang berbasis di Bellevue, Washington.

Sementara, NSN adalah penggerak layanan telekomunikasi global. Perusahaan ini menyediakan portofolio teknologi jaringan bergerak, tetap dan konvergen serta layanan-layanan profesionaltermasuk konsultansi dan integrasi sistem, pemasangan dan pemeliharaan serta layanan terkelola.

.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement