Rabu 27 Mar 2024 10:59 WIB

Gerhana Matahari Total Terjadi pada 8 April, Ini Tips Aman Melihatnya

Gerhana matahari total tidak bisa dilihat di Indonesia.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Pengunjung menyaksikan Gerhana Matahari (ilustrasi). Berikut tips melihat gerhana matahari yang aman.
Foto:

4. Perhatikan cuaca dan kondisi

Karena pengunjung mungkin tidak mengetahui cuaca yang selalu berubah dan kondisi awal musim semi, yang terpenting kami adalah berbagi informasi tentang keselamatan dan persiapan, menurut perwakilan dari Adirondacks, Kantor Regional Pariwisata Berkelanjutan (ROOST) mengatakan dalam sebuah pernyataan.

ROOST menganjurkan agar menghindari jalur pegunungan dan perairan. Ketahui iklim di sepanjang jalur gerhana, lihat prakiraan cuaca, dan putuskan tempat terbaik untuk menyaksikan gerhana sehari sebelumnya.

5. Tempat yang aman di kota

Tempat pengamatan gerhana yang terbaik, termudah dan teraman adalah ruang terbuka atau taman. Ini memungkinkan orang mendaoat pemandangan gerhana jauh lebih baik dibandingkan jalan-jalan di kota, karena bangunan dapat dengan mudah menghalangi pandangan.

Kota-kota terbesar di dalam jalur ini adalah Mazatlán dan Torreón, Meksiko; San Antonio, Austin dan Dallas, Texas; Indianapolis, Indiana; Hamilton, Ontario; Montreal Quebec.

6. Pastikan kelancaran lalu lintas

Pastikan lalu lintas lancar. Cara terbaik untuk memantau situasi lalu lintas sebelum dan sesudah gerhana adalah dengan menggunakan Google Maps atau aplikasi serupa untuk memantau informasi lalu lintas secara langsung.

Cara terbaik dengan menggunakan peta gerhana interaktif dan mencatat terlebih dahulu jadwal gerhana di berbagai lokasi. Salah satu pilihan yang bagus adalah mengunduh Aplikasi Solar Eclipse Timer. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement