Rabu 27 Mar 2024 10:59 WIB

Gerhana Matahari Total Terjadi pada 8 April, Ini Tips Aman Melihatnya

Gerhana matahari total tidak bisa dilihat di Indonesia.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Pengunjung menyaksikan Gerhana Matahari (ilustrasi). Berikut tips melihat gerhana matahari yang aman.
Foto: Republika/Prayogi
Pengunjung menyaksikan Gerhana Matahari (ilustrasi). Berikut tips melihat gerhana matahari yang aman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah merilis laporan "Fenomena Astronomi 2024", di mana terdapat dua gerhana yaitu gerhana bulan penumbra dan gerhana matahari total di Bulan Ramadhan 2024. Sayangnya, gerhana matahari itu tidak melintas di wilayah Indonesia.

Melalui tabel yang diunggah BRIN, gerhana matahari total akan terjadi pada 8 April 2024. Salah satu wilayah yang memgalaminya adalah Amerika Utara.

Berikut enam tips untuk memastikan pemandangan gerhana matahari yang aman dan menyenangkan, sepertu dilansir dari Space, Senin (25/3/2024).

1. Pakai kacamata khusus

Beli kacamata khusus gerhana matahari yag telah terverifikasi filter surya. Salah satunya tersedia di situs web AAS Solar Eclipse Task Force milik American Astronomical Society. Produk tersebut mematuhi standar internasional ISO 12312-2, yang berarti bisa mengurangi sinar matahari dan memblokir sebagian kecil radiasi UV dan IR matahari. Hindari memakai kacamata hitam biasa.

2. Waktu pemakaian kacamata

Anda bisa menggunakan kacamata gerhana matahari untuk melihat matahari kapan saja. Namun biasanya, kacamata gerhana matahari digunakan untuk melihat matahari sejak bulan mulai melintasinya, waktu yang dikenal sebagai kontak pertama. Anda harus menggunakan kacamata gerhana matahari untuk melihat gerhana setiap kali matahari hanya tertutup sebagian, yaitu sepanjang waktu pada tanggal 8 April di sebagian besar Amerika Utara.

3. Persiapkan perjalanan jauh

Meskipun jalur totalitas pada 8 April akan mencakup beberapa kota besar dan wilayah metropolitan, namun gerhana melintasi banyak pedalaman. Jadi persiapkan diri, termasuk perlengkapan kendaraan, kebutuhan lain untuk perjalanan.

Perhatikan cuaca....

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement