Sabtu 23 Mar 2024 14:53 WIB

Enam Jenis Aplikasi yang Penting Dipakai Saat WFH

Penting membekali diri dengan tools yang tepat saat WFH.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Work from home/bekerja di rumah
Foto:

4. Manajemen waktu

Sangat mudah untuk lupa waktu ketika bekerja dari rumah. Jika tidak memiliki jadwal baku seperti di lingkungan kantor, jam kerja dapat dengan mudah berlalu, sehingga menyebabkan keseimbangan hidup terganggu dan berdampak buruk pada kesehatan mental.

Pastikan tidak mengalami situasi itu, dengan cara menggunakan aplikasi manajemen waktu saat bekerja. Beberapa opsi yang bisa dicoba adalah Toggl dan RescueTime untuk membantu merencanakan waktu WFH, memprioritaskan tugas, dan menetapkan tenggat waktu.

5. VPN

Sebagian orang tidak bekerja dari kantor atau rumah, tapi lebih suka menggarap tugas di kafe, perpustakaan, atau tempat umum lainnya untuk mencari perubahan suasana. Jangan lupa mengamankan koneksi internet dengan Virtual Private Network (VPN), sebab jaringan Wi-Fi publik tidak selalu aman.

VPN membantu melindungi koneksi dengan menciptakan "terowongan" yang aman dan terenkripsi untuk aktivitas daring. Semua data yang dikirim dan diterima akan dienkripsi, yang dapat membantu memastikan bahwa informasi sensitif seperti kata sandi, email, dan detail keuangan tetap aman. Ada banyak opsi VPN, baik yang gratis maupun berbayar.

6. Kesehatan dan kebugaran

Keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan adalah bagian penting dari WFH. Ada beberapa aplikasi yang dirancang untuk membantu seseorang memprioritaskan kesehatan dan kebugaran saat mengelola pekerjaan, sehingga tubuh tidak terforsir untuk pekerjaan semata.

 

Aplikasi ini dapat mengingatkan seseorang untuk beristirahat di sela-sela pekerjaan, berolahraga, tetap terhidrasi, juga sesi meditasi serta membantu tidur lebih nyenyam. Beberapa yang bisa digunakan adalah Headspace dan aplikasi Calm.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement