Rabu 08 May 2024 10:07 WIB

Gunakan Chatbot AI Grok, X Hadirkan Rangkuman Berita Buat Pengguna Berbayar

Grok mengandalkan unggahan pengguna X untuk menghasilkan ringkasan teks.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Platform X (twitter).
Foto: EPA-EFE/BILAWAL ARBAB
Platform X (twitter).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform X (sebelumnya dikenal Twitter), akan menggunakan chatbot AI Grok untuk menerbitkan rangkuman berita atau topik lain berbasis kecerdasan buatan (AI) yang sedang tren di platform. Fitur tersebut saat ini hanya tersedia untuk pelanggan premium atau berbayar.

Fitur ini bernama “Stories on X,” menurut postingan dari akun teknik perusahaan. Menurut X, Grok mengandalkan unggahan pengguna X untuk menghasilkan ringkasan teks. 

Baca Juga

Hal ini tampaknya lebih berfokus pada berita, sementara yang lain merupakan ringkasan percakapan yang terjadi di platform itu sendiri.  Seorang pengguna memposting tangkapan layar yang menunjukkan stories tentang laporan pendapatan Apple dan bantuan ke Ukraina. 

Selain itu, beberapa diskusi daring antara Elon Musk, pemilik X, dan “tokoh terkemuka” lainnya di platform. Jika terdengar familier, fitur ini juga sangat mirip dengan Moments, layanan lama Twitter yang mengumpulkan tweet resmi tentang berita penting dan momen budaya di platform tersebut. Fitur tersebut, yang diawasi oleh tim staf manusia, dihilangkan pada tahun 2022.

"Seperti alat AI generatif lainnya, ringkasan Grok dilengkapi dengan penafian. Cerita ini adalah ringkasan postingan di X dan mungkin berkembang seiring waktu," demikian dikutip dari Engadget, Rabu (8/5/2024).

Laman News18 juga melaporkan platform media sosial itu akan menggunakan Grok, chatbot AI yang juga dimiliki Elon Musk. Tujuannya untuk memberikan ringkasan peristiwa berita kepada para pengguna di platform.

Musk mengonfirmasi....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement