Senin 04 Mar 2024 15:55 WIB

Google Siapkan Android Jadi Seperti iPhone, Bagaimana Reaksi Pengguna?

Tahun ini Android membuat peningkatan kecerdasan buatan pada aplikasi yang sudah ada.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Google akan membuat Android seperti ios.
Foto:

Spam RCS berasal dari otomatisasi, yang biasanya bergantung pada modifikasi pada perangkat pengirim. Teknik pencegahan spam terus berkembang sebagai respons terhadap perubahan perilaku pelaku spam. Google akan terus mencari cara untuk mencegah spam dan penipuan sambil meminimalkan jumlah pengguna yang terkena dampaknya.

Sejumlah pengguna tampak mengungkan kekesalan mereka di Reddit. “Pelarangan bayangan adalah salah satu alat Orwellian yang paling klasik dalam kotak peralatan sensor,” keluh pengguna di Reddit.

“Saya memiliki Pixel 7 Pro yang telah di-root dan RCS rusak (lagi) pagi ini. Lebih parahnya lagi, ada potensi hal-hal tidak hanya secara ajaib beralih ke SMS di ponsel orang lain karena RCS Anda rusak. Anda tidak akan menerima SMS dari orang lain," keluh yang lain.

Unggahan tersebut menggambarkan pembaruan tersebut sebagai “Aplikasi Google”. Peningkatan AI terbaru tersebut akan memberikan kendali yang lebih besar kepada Google. Hal ini mempunyai implikasi bagi pengguna, dan bagi OEM Android, termasuk Samsung, yang harus menghadapi tantangan Google saat mereka mendorong inovasi orisinal.

Ada solusi yang tampaknya berhasil, setidaknya untuk saat ini. Menurut 9to5Google, “mereka yang cukup paham untuk melakukan root telah menemukan perbaikan yang cukup mudah, melibatkan melewati fitur keamanan (Play Integrity API) yang tampaknya bertanggung jawab untuk mencegah akses RCS.

Namun, sulit untuk mengetahui apakah ada solusi yang akan bertahan. Pengguna Reddit lainnya menunjukkan unggahan kemungkinan adanya permainan kucing dan tikus di balik layar saat Google semakin ketat.

“Orang-orang telah berjuang keras melawan API integritas permainan/integritas perangkat selama beberapa minggu terakhir. Selama beberapa tahun terakhir, hal ini relatif mudah untuk dilewati. Sekarang, tiba-tiba, segala sesuatunya menjadi lebih cepat rusak, dan rusak jauh dari solusi yang sama yang telah berfungsi selama bertahun-tahun," tulis unggahan itu.

 

Meskipun memblokir aplikasi perbankan dan fungsi dompet masuk akal, memblokir RCS akan jauh lebih tidak populer. Ini dianggap tidak etis dan buruk. “Saya bersedia untuk mengakui aplikasi perbankan, tetapi mencegah saya berkomunikasi adalah hal yang di luar batas," keluh yang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement