Kamis 29 Feb 2024 17:14 WIB

Threads Ungguli X dengan Unduhan Harian Tiga Kali Lipat di iOS

Jumlah pemasangan Threads di Google Play lebih dari dua kali lipat jumlah unduhan X.

Rep: Shelbi Asrianti   / Red: Friska Yolandha
Foto ilustrasi menunjukkan aplikasi media sosial Threads (kiri) dan Twitter di New York, AS, Rabu (5/7/2023). Meta meluncurkan aplikasi barunya Threads yang berfungsi sebagai pendamping Instagram dan merupakan pesaing langsung Twitter Elon Musk.
Foto:

Hanya beberapa hari sebelumnya, pada 22 Februari, kesenjangannya semakin lebar. Kemudian, Threads memiliki 382.999 penginstalan harian di iOS dibandingkan hanya 113.649 penginstalan X pada platform yang sama, atau lebih dari tiga kali lipat. Unduhan Threads di Google Play saat ini berjumlah 660.882, dibandingkan 210.475 untuk X.

Meskipun tingkat pemasangan harian Threads masih naik dan turun, kini secara konsisten angkanya berada di atas X. Seiring waktu, perubahan ini pada akhirnya diprediksi dapat juga terjadi pada pengguna aktif bulanan. Jika itu yang terjadi, maka Threads akan menjadi platform mikroblog utama pilihan bagi sebagian besar pengguna.

Padahal, X alias Twitter sudah lama memimpin dalam bidang ini. Terlebih lagi, hal ini berarti Meta memiliki kontrol editorial yang lebih besar terhadap berbagi informasi dan ekosistem berita yang digunakan oleh jurnalis, peneliti, akademisi, dan lainnya. 

Namun, Meta mengatakan bahwa mereka tidak akan memperkuat berita di Threads dan tidak merekomendasikan konten politik. CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa Threads memiliki 130 juta pengguna aktif bulanan pada kuartal keempat perusahaan. 

Kepala Instagram Adam Mosseri mengatakan aplikasi Threads berjalan sangat baik di Jepang, negara yang merupakan pasar dengan daya tarik kuat untuk Twitter. Meskipun X menyatakan memiliki 500 juta pengguna aktif bulanan pada musim gugur lalu, tidak jelas berapa banyak dari pengguna tersebut yang merupakan akun otomatis atau spam.  

Seperti yang dilaporkan TechCrunch bulan lalu, X tampaknya memiliki masalah bot terverifikasi, yaitu sejumlah akun berbayar yang diberi tanda centang biru yang secara tidak sengaja mengungkapkan sumbernya dengan membalas postingan X dengan beberapa variasi respons standar terhadap AI. Penelusuran untuk kueri yang sama di X menunjukkan bahwa masalahnya sedang berlangsung.

Meskipun Threads tidak kebal terhadap masalah ini....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement