Kamis 21 Mar 2024 21:34 WIB

Transkrip Suara WhatsApp Bakal Hadir di Android Setahun Setelah iPhone 

Belum diketahui apakah transkripsinya akan berbeda dari iOS.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Pesan suara di WhatsApp adalah alternatif yang bagus untuk mengirim pesan teks.
Foto: GadgetsNow
Pesan suara di WhatsApp adalah alternatif yang bagus untuk mengirim pesan teks.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesan suara di WhatsApp adalah alternatif yang bagus untuk mengirim pesan teks. Terutama, saat Anda tidak punya banyak waktu, atau saat Anda sedang makan dengan tangan kotor, atau sedang mengendarai kendaraan. 

WhatsApp bahkan mengizinkan memvariasikan kecepatan pemutaran pesan suara untuk menghemat beberapa detik jika pengirimnya berulang atau lambat. Dukungan transkripsi pesan suara sudah ada di iOS selama hampir satu tahun, namun belum terlihat hal serupa di Android. 

Baca Juga

Dilansir Android Police, Kamis (21/3/2024), banyak hal berubah dengan versi 2.24.7.7, di mana pengintai fitur aplikasi terkemuka AssembleDebug menemukan baris kode yang menyarankan transkrip harus muncul untuk catatan suara yang Anda terima. Fitur ini memerlukan data tambahan sebesar 105MB, mungkin hanya untuk diunduh satu kali, dan harus terdaftar di Pengaturan kemudian Obrolan, sama seperti di iOS. 

Detektif kode juga menyarankan WhatsApp akan menggunakan konversi speech-to-text pada perangkat untuk memastikan enkripsi tetap tanpa kompromi. Peluncuran terbatas untuk penguji beta akan segera dilakukan, 

Selain itu, berbicara tentang penguji beta, pengembang Meta secara aktif menguji perubahan praktis lainnya tentang cara kerja berbagi pembaruan status di WhatsApp. Setelah menelurusi versi beta 2.24.7.6, WABetaInfo melaporkan beberapa penguji dapat memposting video berdurasi satu menit sebagai pembaruan status, 

Karena aplikasi ini tidak secara otomatis video yang lebih panjang menjadi pembaruan status berturut-turut seperti yang dilakukan Instagram dengan cepat. Setelah diluncurkan secara luas, perubahan ini dapat mengurangi kerja keras untuk berbagi klip yang lebih panjang bisa menjadi rumit dengan cepat. Setelah diluncurkan secara luas, perubahan ini dapat mengurangi kerja keras untuk berbagi klip yang lebih pendek, dan Anda tidak perlu membagi klip yang lebih panjang secara manual menjadi beberapa klip yang lebih kecil. 

Peluncuran beta yang lebih panjang secara manual menjadi beberapa klip yang lebih kecil. Peluncuran beta yang lebih luas juga diharapkan segera terjadi. 

Meski begitu, belum ada kabar mengenai jadwal rilis stabil untuk fitur-fitur ini dan banyak rencana WhatsApp yang masih belum diumumkan. Belum diketahui apakah transkripsinya akan berbeda dari iOS, dan apakah berbagi pembaruan status HD akan tersedia untuk klip berdurasi satu menit yang lebih panjang ini, karena opsi tersebut tampaknya tidak ada di tangkapan layar. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement