Kamis 29 Feb 2024 17:14 WIB

Threads Ungguli X dengan Unduhan Harian Tiga Kali Lipat di iOS

Jumlah pemasangan Threads di Google Play lebih dari dua kali lipat jumlah unduhan X.

Rep: Shelbi Asrianti   / Red: Friska Yolandha
Foto ilustrasi menunjukkan aplikasi media sosial Threads (kiri) dan Twitter di New York, AS, Rabu (5/7/2023). Meta meluncurkan aplikasi barunya Threads yang berfungsi sebagai pendamping Instagram dan merupakan pesaing langsung Twitter Elon Musk.
Foto:

Meskipun Threads tidak kebal terhadap masalah ini, tampaknya semakin banyak orang yang memposting frasa ini secara organik di platform Meta sebagai lelucon kepada pengikut mereka. Masalah X dengan instalasi baru mungkin terkait dengan rebranding dari nama sebelumnya, Twitter.  

Meskipun unduhan aplikasi X dari bulan ke bulan meningkat sedikit pada bulan Desember dan Januari, angka tersebut masih jauh lebih rendah dibandingkan sebelum rebranding. Sementara itu, pendapatan Threads juga sedikit meningkat di Januari 2024 dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Adapun alternatif X selain Threads, seperti aplikasi seluler resmi Mastodon dan Bluesky yang baru dipublikasikan, hampir tidak turut dalam persaingan ini. Grafik unduhannya relatif mendatar tanpa ada gebrakan. Mastodon memiliki ekosistem aplikasi pihak ketiga yang luas, namun secara total, jaringannya memiliki sekitar satu juta pengguna aktif bulanan saat ini.

Bluesky sempat mengalami peningkatan kecil saat dibuka untuk publik awal bulan ini, namun momentumnya telah memudar. Pada momen terbesarnya (7 Februari 2023, sehari setelah peluncurannya), terdapat 79.685 pemasangan di iOS dan 55.711 di Google Play.

 

Jumlah itu terbilang jauh dari angka Threads atau X. Namun, tentunya masih merupakan tahap awal bagi jejaring sosial Bluesky yang menawarkan siapa pun dapat menjalankan server mereka sendiri. Jadi, mungkin saja aplikasi ini mendapatkan daya tarik dari waktu ke waktu sebagai alternatif Twitter/X.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement