Rabu 03 Jan 2024 01:13 WIB

Gerhana Matahari Total Terjadi pada April, Bisa Disaksikan di Kota-Kota Ini

Sembilan kota di benua Amerika ini bisa melihat gerhana matahari total.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Ilustrasi gerhana matahari.
Foto:

5. Indianapolis, Indiana, AS

Beberapa kota besar di Midwest sudah dekat dengan jalur gerhana, misalnya Columbus, St Louis, dan Cincinnati. Namun hanya Indianapolis yang mengalami gerhana matahari total. Tepatnya, pada pukul 15.06 dengan durasi tiga menit 46 detik. Akan ada banyak kegiatan pengamatan serta siaran langsung gerhana.

6. Victoria de Durango, Durango, Meksiko 

Dengan iklim yang sebagian besar kering sepanjang tahun, Victoria de Durango akan menjadi tempat pas bagi pemburu gerhana yang ingin mengamati fenomena itu. Waktu lokal dan durasi gerhana yakni pukul 12:12 siang selama tiga menit 47 detik. Cuaca 8 April diperkirakan memadai dengan langit berawan 30 persen.

7. Hamilton, Ontario, Kanada  

Sebagai kota pelabuhan di ujung barat Danau Ontario, kota ini diperkirakan akan sangat sibuk pada hari terjadinya gerhana. Meskipun hanya berada di dalam batas utara jalur totalitas, Hamilton tetap jadi favorit karena dekat dengan Toronto. Gerhana bisa disimak di Hamilton pukul 15.18 selama satu menit 50 detik.

8. Torreón, Coahuila, Meksiko  

Mengingat kemungkinan langit cerah lebih tinggi, gerhana ini bisa tercatat dalam sejarah sebagai Gerhana Besar Meksiko. Sebagian besar warga Meksiko sebelumnya melihat gerhana matahari total pada 1991. Untuk 8 April mendatang, waktu lokal dan durasi total gerhana yaitu pukul 12:16 selama empat menit 11 detik.

9. Mazatlán, Sinaloa, Meksiko

Kota kolonial Mazatlán dengan pantai-pantai dan resor-resornya yang menarik telah menjadi tujuan banyak pemburu gerhana selama bertahun-tahun karena langitnya cenderung tak berawan. Gerhana matahari total di Mazatlán bisa diamati pukul 11.07 waktu setempat selama empat menit 16 detik.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement