Rabu 03 Jan 2024 01:13 WIB

Gerhana Matahari Total Terjadi pada April, Bisa Disaksikan di Kota-Kota Ini

Sembilan kota di benua Amerika ini bisa melihat gerhana matahari total.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Ilustrasi gerhana matahari.
Foto: Carlos Avila Gonzalez/San Francisco Chronicle
Ilustrasi gerhana matahari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga di sejumlah kota besar di Amerika Utara bisa menyaksikan gerhana matahari total pada 8 April 2024. Gerhana itu hanya terjadi di jalur selebar 185 kilometer dan sepanjang 16.000 kilometer, namun  dapat diamati dari banyak area perkotaan.

Kartografer gerhana di Great American Eclipse, Michael Zeiler, mengatakan 31 juta orang sudah berdomisili di jalur gerhana di Amerika Serikat. "Jika menambahkan jutaan orang Meksiko dan Kanada yang berada di jalur tersebut, serta pengunjung yang datang untuk melihat gerhana total, maka antara 40 dan 50 juta orang akan menyaksikan gerhana matahari total," kata Zeiler.

Setiap kali fenomena gerhana matahari terjadi, memang tidak selalu bisa dilihat dari seluruh belahan Bumi. Berikut sembilan kota di Amerika Utara yang berada di jalur total gerhana, beserta waktu, durasi gerhana, dan statistik dari Kalkulator Gerhana, dikutip dari laman Space, Selasa (2/1/2024).

1. Montréal, Quebec, Kanada 

Gerhana matahari total di Montréal bisa diamati pada Senin, 8 April 2024 pukul 14.14 waktu lokal, dengan durasi totalitas gerhana satu menit 27 detik. Totalitas akan bertahan paling lama di dekat Sungai St Lawrence dan mencapai puncaknya sekitar dua menit di Suaka Burung Migrasi Île aux Hérons.  

2. San Antonio, Texas, Amerika Serikat

Kota dengan populasi 1,5 juta ini akan mengalami gerhana matahari total pukul 13.34 waktu setempat, dengan durasi dua menit 35 detik. Namun, fenomena alam ini hanya bisa disimak warganya di pinggiran barat laut, sehingga sebaiknya mendatangi area itu untuk mengamati gerhana matahari total.

3. Dallas-Fort Worth Metroplex, Texas, AS

Waktu lokal dan durasi totalitas gerhana di Dallas-Fort Worth Metroplex adalah pukul 13.42 dan tiga menit 52 detik. Selain warga setempat, diperkirakan 1,5 juta pengunjung akan datang ke metroplex ini, sehingga banyak penyelenggara acara mempersiapkan sesi observasi di museum dan tempat publik lain.

4. Austin, Texas, AS

Austin tengah akan mengalami totalitas gerhana yang relatif lama, sementara pinggiran tenggara dan area sekitar Bandara Internasional Austin-Bergstrom sebaiknya dihindari karena berada di luar jalur. Di Austin, gerhana matahari total bisa diamati pada pukul 13.36 waktu setempat dengan durasi satu menit 46 detik.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement