Senin 16 Oct 2023 00:23 WIB

Tiga Alasan Mengapa Layanan VPN Gratis tak Dapat Dipercaya

Sebagian besar VPN gratis memiliki batasan bandwidth.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
VPN. Sebagian besar VPN gratis memiliki batasan bandwidth.
Foto:

VPN gratis juga sering kali memiliki jumlah lokasi server yang terbatas, dan lokasi server yang tersedia sering kali terlalu penuh, sehingga mengakibatkan kecepatan koneksi menjadi lambat. Ini karena terlalu banyak pengguna yang mencoba terhubung ke server yang sama secara bersamaan. 

Kepadatan yang berlebihan ini juga dapat menyebabkan downtime server dan masalah konektivitas, sehingga mengurangi pengalaman pengguna.

Ketiga, kekurangan dukungan pelanggan (customer support). Jika Anda mencoba untuk mendapatkan bantuan, kemungkinan besar Anda akan menghadapi labirin tanggapan otomatis dan pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) umum, dengan bantuan yang dipersonalisasi sebagai komoditas langka. 

Jika Anda menganggap VPN gratis beroperasi dengan sumber daya terbatas, hal ini bisa dimengerti. Namun, mengalami masalah teknis atau masalah keamanan masih membuat frustasi dan tidak dapat menghubungi siapa pun yang dapat membantu Anda. 

Bahkan jika Anda cukup beruntung menemukan halaman dukungan, informasinya sering kali terbatas dan tidak mungkin mengatasi kekhawatiran Anda secara efektif. Sebagian besar sumber daya dukungan yang ditawarkan VPN gratis bersifat umum dan tidak disesuaikan dengan masalah spesifik masing-masing pengguna. 

 

Baik Anda menghadapi masalah koneksi atau masalah kinerja, karena VPN gratis biasanya tidak memiliki tim dukungan khusus, masalah Anda kemungkinan besar tidak akan terselesaikan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement