Rabu 13 Sep 2023 17:30 WIB

Apple Umumkan iPhone 15 Pro dengan Desain Titanium dan Chip A17 Pro

IPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dilengkapi serangkaian fitur baru.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Tampilan iPhone 15 Pro and iPhone 15 Pro Max. Apple mengumumkan ponsel pintar andalan terbarunya yakni iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max .
Foto: AP/Business Wire
Tampilan iPhone 15 Pro and iPhone 15 Pro Max. Apple mengumumkan ponsel pintar andalan terbarunya yakni iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple mengumumkan ponsel pintar andalan terbarunya yakni iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max pada Selasa (12/9/2023). Perangkat ini dilengkapi serangkaian fitur baru, termasuk bingkai titanium, chip A17 Pro, Action Button, dan banyak lagi. 

Dilansir MacRumors, Rabu (13/9/2023), sasis titanium baru memiliki brushed finish. Ini membuat iPhone lebih ringan dibandingkan model Pro sebelumnya, sekaligus meningkatkan daya tahan perangkat. Bingkainya memiliki tepi berkontur agar terasa lebih nyaman di tangan. Bezel di sekeliling layar juga jauh lebih ramping. 

Baca Juga

IPhone 15 Pro dilengkapi Action button sebagai pengganti tombol mute. Dengan menekan dan menahan pengguna dapat beralih antara dering dan senyap, dengan umpan balik haptik untuk menunjukkan perubahan keadaan. 

Pengguna dapat beralih di antara tindakan yang berbeda, memungkinkan mereka untuk mulai merekam dalam memo suara, meluncurkan kamera, mengaktifkan aksesibilitas favorit, fitur, atau menjalankan Shortcut. Perangkat baru ini juga dilengkapi dengan chip A17 Pro Apple, dibuat dengan proses tiga nanometer pertama di jenisnya. 

A17 Pro memiliki CPU enam inti untuk performa CPU 10 persen lebih cepat dan performa GPU 20 persen lebih cepat A17 Pro memiliki 16-core neural engine dua kali lebih cepat untuk mempercepat pembelajaran mesin seperti koreksi otomatis yang lebih akurat atau menarik subjek dari gambar. Ia dapat memproses sehingga 35 triliun operasi per detik. 

Selain itu, A17 Pro berisi GPU baru dengan arsitektur shader rancangan Apple. Apple mengatakan ini adalah desain ulang terbesar dalam sejarah GPU Apple, dengan fokus kinerja dan efisiensi, menjalankan aplikasi kompleks, dan fitur rendering baru. 

Ia menawarkan hardware-accelerated ray tracing dan kemampuan baru Mesh shading. Gim konsol seperti Resident Evil 4 kini dapat dimainkan di iPhone. 

Selanjutnya, iPhone 15 Pro dilengkapi sistem kamera yang ditingkatkan. Kamera utama memiliki sensor yang lebih besar, lapisan baru untuk mengurangi suar lensa, kinerja cahaya rendah yang lebih baik untuk Portraits dan Night mode, rentang panjang fokus, mode default resolusi super tinggi 24MP yang baru, dan banyak lagi. Kamera telefoto iPhone 15 Pro Max menawarkan zoom optik 5x pada panjang fokus 180mm dengan sensor 25 persen lebih besar. 

Ini dikombinasikan dengan stabilisasi gambar optik dan modul pergeseran sensor 3D fokus otomatis, yang menurut Apple merupakan sistem stabilisasi paling canggih hingga saat ini. Kamera Ultrawide memiliki lapisan antireflektif baru, serta Night mode dan Smart HDR yang ditingkatkan. 

Model iPhone 15 Pro dilengkapi port USB-C untuk pengisian daya dan transfer data. A17 Pro mendukung kecepatan transfer hingga 10Gbps dengan kabel USB 3. Dengan menggunakan kabel, pengguna dapat langsung mentransfer foto ProRaw 48MP ke Mac atau merekam video ProRes langsung ke drive penyimpanan eksternal. Opsi perekaman kualitas lebih tinggi tersedia untuk drive eksternal, dengan dukungan untuk 4K60 untuk pertama kalinya, ditambah pengodean Log.

IPhone 15 Pro, seperti model iPhone 15 standar, memiliki mode Portrait generasi berikutnya yang secara otomatis mendeteksi jika ada subjek dalam bingkai, memungkinkan Anda beralih ke Potrait mode setelah gambar diambil. Ada juga alat kontrol fokus dan kedalaman baru, memungkinkan pengguna mengalihkan fokus dari satu orang ke orang lain setelah foto diambil. Night mode juga ditingkatkan, sementara Smart HDR memungkinkan perangkat memotret langit dan subjek secara bersamaan. 

Ponsel ini memiliki chip Ultra Wideband generasi kedua Apple, yang memungkinkan perangkat lain dengan chip tersebut terhubung hingga tiga kali lebih jauh dan teman yang berbagi lokasi dengan Anda dapat ditempatkan secara terarah seperti AirTag. Perangkat ini juga mendukung Wi-Fi 6E, pengisian daya Qi2, dan Thread, sehingga membuka peluang masa depan untuk integrasi aplikasi Home. 

Berdasarkan Emergency SOS via Satellite, sekarang dimungkinkan untuk terhubung ke satelit untuk bantuan di tepi jalan. Kemudian, kualitas audio untuk panggilan telah diperbarui dengan model pembelajaran mesin yang lebih canggih yang memprioritaskan suara Anda. 

Model iPhone 15 Pro tersedia dalam warna Titanium Hitam, Titanium Putih, Titanium Biru, Titanium Alami. IPhone 15 Pro mulai 999 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 15,3 juta untuk penyimpanan 128 GB, sedangkan iPhone 15 Pro Max mulai dari 1.199 dolar AS atau sekitar Rp 18,4 juta untuk penyimpanan 256 GB. 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement