Rabu 06 Sep 2023 18:35 WIB

Microsoft Luncurkan Xbox Series S Berkapasitas 1TB, Begini Tampilannya

Xbox Series S versi hitam memiliki ruang penyimpanan sebesar 1TB.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Microsoft resmi meluncurkan Xbox Series S versi hitam untuk para penggemar gim.
Foto: The Verge
Microsoft resmi meluncurkan Xbox Series S versi hitam untuk para penggemar gim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Microsoft resmi meluncurkan Xbox Series S versi hitam untuk para penggemar gim. Berbeda dengan varian orisinalnya yang berwarna putih, Xbox Series S versi hitam memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar.

Sebagai perbandingan, Xbox Series S versi putih hadir dengan ruang penyimpanan sebesar 512GB. Kapasitas ruang penyimpanan yang bisa digunakan oleh pengguna adalah 364GB. Saat ini, Xbox Series S versi putih dibanderol dengan harga 299 dolar AS atau sekitar Rp 4,6 juta.

Baca Juga

Di sisi lain, Xbox Series S versi hitam memiliki ruang penyimpanan sebesar 1TB. Kapasitas ruang penyimpanan yang bisa dipakai oleh pengguna adalah 800GB.

Dengan ruang penyimpanan yang lebih besar, pengguna Xbox Series S versi hitam tidak perlu ragu untuk menginstall gim berkapasitas besar, seperti Call of Duty. Meski gim tersebut diinstal pada Xbox Series S versi hitam, pengguna masih memiliki sisa ruang penyimpanan yang sangat besar.

Saat ini, Xbox Series S versi hitam dibanderol dengan harga 349.99 dolar AS atau sekitar Rp 5,4 juta atau sekitar 50 dolar AS (Rp 780 ribu) lebih mahal dibandingkan Xbox Series S versi putih. Meski begitu, kenaikan harga 50 dolar AS ini masih jauh lebih hemat dibandingkan biaya pembelian expansion card Seagate.

Expansion card Seagate merupakan produk yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan Xbox series X dan S. Expansion card berkapasitas 512GB biasanya dibanderol dengan harga lebih dari 100 dolar AS (Rp 1,5 juta).

Selain warna dan kapasitas ruang penyimpanan, tak ada perbedaan yang signifikan antara Xbox Series S versi hitam dan versi putih pada bagian eksteriornya. Xbox Series S versi hitam masih memiliki jumlah port yang sama dengan versi putih.

Pada bagian belakang, Xbox Series S versi hitam memiliki dua port USB di belakang, sebuah Ethernet port, slot untuk expansion card, dan HDMI 2.1 out. Di bagian depan, terdapat satu port USB dan tidak ada disc drive.

Microsoft juga masih memberikan coating warna hitam pada lingkaran seperti speaker yang ada di bagian atas konsol. Lingkaran ini merupakan kipas utama untuk Xbox Series S. Mengingat lingkaran kecil tersebut memiliki warna hitam pada Xbox Series S versi putih, sebagian pengguna berharap Xbox Series S versi hitam memiliki coating warna putih pada lingkaran tersebut.

Tak hanya itu, Xbox Series S versi hitam juga disertai dengan sebuah controller berwarna hitam, seperti halnya Xbox Series S versi putih. Namun, seperti dilansir The Verge pada Rabu (6/9/2023), belum ada informasi lebih lanjut mengenai kemungkinan adanya perubahan atau tambahan pada bagian internal Xbox Series S versi hitam.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement