Selasa 05 Sep 2023 23:25 WIB

WordPad Sudah Tiada, Coba Editor Alternatif Gratis Ini

Beberapa rekomendasi program alternatif yang bisa didapatkan secara gratis,

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google Docs menjadi alternatif pengganti WordPad yang sudah disingkirkan oleh Microsoft.
Foto: endgadget.com/AOL
Google Docs menjadi alternatif pengganti WordPad yang sudah disingkirkan oleh Microsoft.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Setelah hampir tiga puluh tahun Microsoft meluncurkan WordPad, sekarang editor teks tersebut mengikuti jejak Windows Movie Maker dan Internet Explorer, yang telah dihapus oleh Microsoft.

WordPad dikemas sebagai bagian dari Windows 95, yang merupakan sistem operasi andalan Microsoft pada masa itu, dan telah disertakan dalam setiap rilis Windows. Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pengeditan teks dasar tanpa perangkat lunak tambahan apa pun, dengan kemampuan seperti dapat menyertakan gambar dan tautan ke file lain, dan mendukung berbagai format teks populer.

Baca Juga

Bagi pengguna setia WordPad, atau hanya mencari beberapa editor teks gratis yang bagus, jangan khawatir. Berikut beberapa rekomendasi program alternatif yang bisa didapatkan secara gratis baik dari Microsoft maupun dari pengembang pihak ketiga, seperti dikutip dari Tech Radar, Selasa (5/9/2023).

 

Microsoft Word

Pengguna dapat memanfaatkan Microsoft Word daring secara gratis dengan akun Outlook. Anda kemudian dapat masuk ke Microsoft 365 online, mengakses rangkaian aplikasi Office berbasis cloud Microsoft termasuk Word, Excel, dan PowerPoint. Anda juga dapat mengunduh Word sebagai aplikasi mandiri dengan langganan Microsoft 365, namun ini tidak gratis.

 

Notepad

Rekomendasi kedua adalah editor teks pokok lainnya yang telah ditampilkan di Windows selama bertahun-tahun: Notepad. Ini terutama ditujukan untuk dokumen teks biasa seperti file .txt. Saat WordPad dihapus, Notepad terus melihat pembaruan pada fungsinya.

Notepad merupakan alat favorit di kalangan programmer, terutama untuk mengembangkan program dan aplikasi Windows. Salah satu fitur besar yang tidak dimilikinya selain fitur format teks kaya adalah pemeriksaan ejaan, jadi sebaiknya periksa teks Anda dengan menyalin dan menempelkannya di tempat lain.

 

Google Docs

Alternatif pihak ketiga pertama yang direkomendasikan adalah favorit di kalangan profesional dan pelajar modern, yakni Google Docs. Untuk menggunakannya hanya butuh akun Google, yang bisa didaftarkan menggunakan alamat email apa pun yang valid secara gratis.

Microsoft Word memang menawarkan lebih banyak pilihan tata letak dan pemformatan, namun Google Docs dioptimalkan untuk kolaborasi antar pengguna dan perubahan terus disimpan secara real-time. 

 

LibreOffice Writer

LibreOffice adalah rangkaian perangkat lunak sumber terbuka gratis yang merupakan alternatif dari Microsoft Office, dan Writer adalah rangkaian perangkat lunak pengolah kata yang memiliki banyak fitur pemformatan dan tata letak teks, serta kompatibilitas dengan format dokumen Microsoft Word, termasuk yang lebih baru.

 

WPS Office Writer

Untuk mendapatkannya, Anda harus mengunduh WPS Office. Setelah terinstal, Anda harus membuat atau masuk dengan akun WPS, atau alternatifnya Anda dapat masuk dengan Google, email, atau Facebook.

Jika pengguna sangat merindukan WordPad, dan enggan menggunakan salah satu program alternatif, para penggemar Windows kemungkinan bisa mempertahankan program tersebut. Microsoft Paint juga mengalami nasib serupa, namun setelah mendapat protes dari pengguna sehingga Microsoft Paint tidak dimatikan sepenuhnya, dan tersedia untuk diunduh di Microsoft Store. Jika permintaannya cukup, Microsoft mungkin mempertimbangkan untuk melakukan hal serupa dengan WordPad. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement