Senin 04 Sep 2023 23:56 WIB

Microsoft Hapus WordPad, Editor Teks Favorit Berusia Puluhan Tahun

WordPad telah ada sejak Windows 95.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Lida Puspaningtyas
Tampilan Windows 7
Foto: Softpedia
Tampilan Windows 7

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Microsoft menghapus WordPad. Itu adalah editor teks berusia puluhan tahun di Windows. 

Raksasa teknologi ini tidak akan lagi memperbarui perangkat lunaknya. Microsoft juga akan menghapus WordPad dari versi Windows yang akan datang.

WordPad telah ada sejak Windows 95. WordPad berdiri di antara Word, editor teks berfitur lebih lengkap, dan kesederhanaan Notepad. 

“WordPad tidak lagi diperbarui dan akan dihapus pada rilis Windows mendatang,” tulis Microsoft dalam catatan dukungan, dilansir Independent, Senin (4/9/2023). 

“Kami merekomendasikan Microsoft Word untuk dokumen teks kaya seperti .doc dan .rtf, serta Windows Notepad untuk dokumen teks biasa seperti .txt.” 

WordPad selalu ditawarkan secara gratis, berbeda dengan Microsoft Word yang memerlukan pembayaran biaya atau berlangganan. Tetapi, WordPad pun kekurangan banyak fitur Word, seperti pemeriksa ejaan, dan tidak dapat menyimpan ke dalam beberapa format utama. 

Catatan dukungan tidak menjelaskan mengapa perangkat lunak tersebut dihapus. Itu ditambahkan ke halaman perangkat lunak yang tidak digunakan lagi yang mencatat bahwa “versi baru [Windows] juga menghapus fitur dan fungsionalitas, sering kali karena mereka telah menambahkan opsi yang lebih baru.”

Pengumuman Microsoft datang segera setelah mereka merilis pembaruan untuk Notepad, yang juga gratis tetapi tidak menawarkan format atau fitur yang sama seperti WordPad atau Word. Ini  akan mendapatkan penyimpanan otomatis dan fitur baru lainnya, setelah penambahan mode gelap baru-baru ini dan perubahan lainnya.

Setelah bersaing dengan saudara kandungnya yang lebih berfitur lengkap dan lebih sederhana, opsi ketiga lainnya seperti Google Docs juga menawarkan banyak alat yang sama, dan masih banyak lagi.

WordPad di sisi lain hampir tidak tersentuh selama bertahun-tahun. WordPad terakhir diperbarui dengan Windows 8, lebih dari 10 tahun yang lalu, dan itu pun hanya menerima desain ulang kecil. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement