Selasa 05 Sep 2023 19:48 WIB

Setelah 30 Tahun, Microsoft Singkirkan WordPad dari Windows, Mengapa?

WordPad tidak lagi diperbarui dan akan dihapus pada rilis Windows mendatang,

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Microsoft tidak lagi memperbarui WordPad dan berencana menghapus pengolah kata dari rilis Windows mendatang./ilustrasi
Foto: xda-developers.com
Microsoft tidak lagi memperbarui WordPad dan berencana menghapus pengolah kata dari rilis Windows mendatang./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Microsoft tidak lagi memperbarui WordPad dan berencana menghapus pengolah kata dari rilis Windows mendatang. Raksasa perangkat lunak ini malah akan merekomendasikan Microsoft Word, pengolah kata berbayarnya yang jauh lebih kaya fitur daripada aplikasi dasar WordPad yang telah dikirimkan sebagai bagian dari Windows sejak Windows 95.

“WordPad tidak lagi diperbarui dan akan dihapus pada rilis Windows mendatang,” demikian bunyi catatan dukungan yang diterbitkan oleh Microsoft, dikutip dari The Verge, Selasa (5/9/2023).

Baca Juga

“Kami merekomendasikan Microsoft Word untuk dokumen teks kaya seperti .doc dan .rtf, serta Windows Notepad untuk dokumen teks biasa seperti .txt,” lanjut pernyataan tersebut.

Berita tentang penghapusan WordPad datang hanya sehari setelah Microsoft mengungkapkan bahwa perusahaan memperbarui Notepad dengan fitur-fitur seperti penyimpanan otomatis dan pemulihan tab secara otomatis. Microsoft memperbarui aplikasi Windows Notepad pada tahun 2018 untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun dan terus menambahkan tab ke versi Windows 11.

Namun, WordPad belum mendapatkan perhatian yang sama. Pengolah kata telah diperbarui dengan Ribbon UI Windows 7, tetapi setelah sedikit desain ulang Windows 8, tidak ada penambahan besar apa pun. Microsoft sekarang akan menghapus WordPad sepenuhnya dalam “rilis Windows mendatang,” yang kemungkinan besar akan menjadi versi Windows 12 yang kita harapkan pada tahun 2024 dengan banyak fitur yang didukung kecerdasan buatan (AI).

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement