Selasa 04 Jul 2023 19:15 WIB

Ini Dia 6 Smartwatch Android Terbaik pada 2023

Memakai smartwatch bisa menjadi cara yang bagus untuk menambah kenyamanan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Smartwatch Samsung masuk dalam daftar smartwatch terbaik tahun ini/ilustrasi.
Foto: Google
Smartwatch Samsung masuk dalam daftar smartwatch terbaik tahun ini/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Memakai smartwatch atau jam tangan pintar bisa menjadi cara yang bagus untuk menambah kenyamanan pada rutinitas sehari-hari. Bagi orang yang terbiasa dalam ekosistem Apple, Apple Watch adalah opsi mereka. Namun, bagi pengguna ponsel Android, ada lebih banyak pilihan dan hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih smartwatch.

Meski demikian, Anda akan mengalami kesulitan menemukan jam tangan pintar Android terbaik, yang memiliki fitur luar biasa dan sesuai dengan anggaran Anda. Smartwatch adalah cara mudah untuk tetap terhubung dan mendapatkan informasi dengan cepat. Jika Anda mencari jam tangan pintar Android, ada banyak pesaing dengan fitur utama seperti pelacakan aktivitas, sensor detak jantung, Samsung Pay, dan banyak lagi. Selain itu, ada banyak gaya jam tangan pintar Android yang dapat dipilih sesuai dengan selera pribadi Anda.

Baca Juga

Dilansir CNET pada Selasa (4/7/2023), berikut rekomendasi smartwatch Android dengan fitur-fitur hebat:

1. Jam Google Pixel

Pixel Watch pertama Google ingin menanggapi keberasaan Apple Watch secara langsung. Smartwatch ini berhasil berkat desain melengkung yang ramping dan berbagai sensor kesehatan, termasuk aplikasi EKG dan pelacakan oksigen darah. Google Pixel memiliki serangkaian fitur dan analisis pelacakan kebugaran melalui aplikasi Fitbit dan pembacaan detak jantung yang akurat.

Namun, baterainya tidak sekuat opsi lain dalam daftar rekomendasi ini. Anda kemungkinan besar akan mengisi daya jam tangan setiap hari, terutama jika Anda suka melakukan pelacakan GPS di luar ruangan dan melihat tidur. Google Pixel juga hanya tersedia dalam satu ukuran 41mm. Google Pixel dijual seharga 340-350 dolar AS (sekitar Rp 5,1 juta-Rp 5,2 juta).

 

2. Samsung Galaxy Watch 5

Samsung Galaxy Watch 5 dan Watch 5 Pro adalah dua jam tangan Wear OS terbaik yang bisa Anda dapatkan saat ini. Mereka memiliki baterai yang lebih tahan lama daripada model Galaxy Watch 4 tahun lalu. Ada banyak fitur pelacakan kebugaran yang hebat. Aplikasi Google, termasuk YouTube Music, Asisten Google, dan Google Maps tersedia, dengan lebih banyak aplikasi yang dapat diakses melalui Play Store.

Anda memerlukan ponsel Galaxy untuk menggunakan ECG, tetapi semua fitur lainnya bekerja dengan mulus dengan ponsel Android lainnya. Namun, sensor suhu baru belum aktif, dan kedua jam tangan kehilangan bezel putar fisik klasik, salah satu fitur khas Samsung Galaxy Watch dan jam tangan Gear dari tahun-tahun sebelumnya. Samsung Galaxy Watch 5 dijual seharga 259-260 dolar AS (sekitar Rp 3,8 juta-Rp 3,9 juta).

 

3. Samsung Galaxy Watch 4 Classic

Galaxy Watch 4 adalah jam tangan pintar pertama yang menjalankan platform Google Wear baru, yang dirancang bersama oleh Samsung dan Google. Meski kini sudah tergantikan dengan Galaxy Watch 5, Anda masih bisa membeli Galaxy Watch 4 Classic, versi dengan bezel putar fisik. Pelacakan EKG dan detak jantung sudah terpasang, tetapi Samsung mencoba membedakan dirinya dari jam tangan lain dengan sensor listrik berbasis impedansi baru yang dapat memberi tahu lebih banyak tentang komposisi tubuh Anda. Masa pakai baterai tidak sekuat jam tangan lain dalam daftar. Samsung Galaxy Watch 4 Classic dijual seharga 200-400 dolar AS (sekitar Rp 3 juta-Rp 6 juta).

 

4. Garmin Venu 2 dan Venu 2 Plus

Garmin membuat banyak jam tangan pintar yang bagus untuk penggemar kebugaran, tetapi tidak semua selalu memiliki banyak fitur pintar. Jam tangan pintar hybrid Venu 2 menawarkan yang terbaik dari kedua dunia. Anda dapat menanggapi notifikasi dari jam tangan dengan balasan cepat, menggunakan pembayaran nirsentuh dengan Garmin Pay, dan menyimpan musik dari aplikasi seperti Spotify. Layar melingkar AMOLED cerah mudah dilihat di luar ruangan dan baterai bertahan selama lima hari atau lebih. Venu 2 Plus menawarkan semua fitur yang sama, tetapi menyertakan speaker dan mikrofon untuk menerima panggilan cepat dari pergelangan tangan saat ponsel berada dalam jangkauan, atau berbicara dengan asisten suara Anda. Garmin Venu 2 dan Venu 2 Plus dijual seharga 400 dolar AS (sekitar Rp 6 juta).

 

5. Garmin Venu Sq

Jika Anda mencari jam tangan Android yang berfokus pada kebugaran tanpa terlalu banyak gangguan, yang bekerja dengan Android dan iOS, Garmin Venu Sq adalah jam tangan yang tepat. Garmin Venu Sq memiliki GPS bawaan, banyak opsi latihan, dan banyak data pelacakan kebugaran tentang latihan, seperti zona detak jantung dan dinamika lari di aplikasi seluler. Jam tangan pintar Android ini juga berfungsi sebagai pelacak kesehatan dengan peringatan detak jantung tinggi dan rendah, analisis tidur yang komprehensif, dan pelacakan SpO2.

Garmin Venu Sq mengukur kadar oksigen dalam darah sesuai permintaan, atau secara otomatis sepanjang siang dan malam seperti Apple Watch Series 7, tetapi dengan setengah harga. Arloji memiliki bingkai plastik, dan layar tampilan jam tidak sebesar atau semeriah yang ada pada beberapa jam tangan lain dalam daftar. Ada juga versi yang lebih baru dari jam tangan ini, Venu Sq 2 dengan baterai yang tahan lebih lama, tetapi harganya jauh lebih mahal. Garmin Venu Sq dijual seharga 120 -200 dolar AS (sekitar Rp 1,5 juta-Rp 3 juta).

 

6. Withing ScanWatch Horizon

Jika Anda mencari jam tangan yang kompatibel dengan Android yang lebih mirip jam tangan selam, lihat Withings ScanWatch Horizon. Jam tangan ini memiliki tampilan biasa dan layar melingkar kecil yang menunjukkan pemberitahuan bergulir di atasnya seperti ticker. Namun, fokusnya sebagian besar pada fitur pelacakan kesehatan, seperti memantau tidur, detak jantung, dan olahraga. Ada juga ECG onboard dan baterainya bisa bertahan dua minggu atau lebih. Withing ScanWatch Horizon dijual seharga 500 dolar AS (sekitar Rp 7,5 juta). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement