Ahad 03 Dec 2023 13:21 WIB

Mau Beli Jam Tangan Baru? Pertimbangkan Ini Dulu

Selain tak lekang oleh waktu, jam tangan bersifat multifungsi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ketika memilih jam tangan, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tipe jam tangan yang merepresentasikan gaya dan personalitas. (ilustrasi).
Foto: topwalls.net
Ketika memilih jam tangan, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tipe jam tangan yang merepresentasikan gaya dan personalitas. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Musim libur segera tiba. Momen ini biasanya menjadi ajang berkumpul dan berlibur, bersama keluarga, teman, maupun sosok tercinta. Momen tahunan ini juga menjadi ajang berbagi kado, berefleksi, dan menentukan resolusi tahun mendatang.

Jam tangan merupakan pilihan kado istimewa yang bisa diberikan pada sosok tercinta. Selain tak lekang oleh waktu, jam tangan bersifat multifungsi. Fungsi penunjuk waktu, aksesoris mode untuk menunjang penampilan, menunjukkan status sosial, bahkan bisa membantu menuntun resolusi di tahun depan.

Baca Juga

Memilih jam tangan memang tidak mudah dan tidak ada parameternya. Semua itu kembali pada preferensi, kebutuhan, dan keinginan masing-masing orang. Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada kiat untuk beli jam tangan. Berikut lima kiat jam tangan dari The Watch Co. seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (3/12/2023).

1. Sesuaikan tipe, bahan, dan size

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tipe jam tangan yang merepresentasikan gaya dan personalitas. Terdapat beberapa tipe jam tangan seperti sporty untuk olahraga, casual yang cocok untuk bersantai, formal untuk acara resmi, automatic yang menyuguhkan kemewahan, analog yang menampilkan kesan klasik dan elegan, dan digital atau smartwatch yang terhubung dengan ponsel.

Selain itu, tak kalah penting memperhatikan bahan yang digunakan dalam membuat jam tangan. Terdapat beberapa bahan mulai stainless-steel, kulit, sampai dari sampah plastik laut untuk mengurangi limbah plastik. Jangan lupa, perhatikan size diameter dan ketebalan jam tangan. Pastikan size jam tangan sesuai dengan karakter pengguna. 

 

2. Pahami movement mesin jam tangan

Ibarat kendaraan, movement merupakan mesin yang menggerakkan jam tangan. Pada umumnya, terdapat empat bentuk movement; quartz, otomatis, kinetik/auto-quartz, dan solar powered/eco drive. Quartz terdiri dari empat komponen utama berupa baterai, kristal kuarsa, chip dan motor. Pada jam tangan otomatis tidak terdapat perangkat elektronik apapun. 

Komponen penggerak keseluruhan ditenagai oleh mainspring atau per- utama yang diisi oleh putaran pada rotor jam tangan. Kinetik/auto-quartz hampir sama dengan mesin quartz namun sumber tenaganya berasal dari pergerakan rotor yang berputar karena pergerakan tangan. Solar powered/eco drive sumber tenaganya berasal dari cahaya matahari atau cahaya lainnya, sehingga lebih berkelanjutan.

 

3. Beli di toko orisinal dan lengkap

Pastikan untuk membeli jam tangan di toko orisinal, distributor resmi, dan lengkap. The Watch Co. merupakan distributor resmi jam tangan original yang berdiri sejak tahun 2013 dan fokus pada produk dengan kualitas terbaik dan tampilan yang inovatif. Berbagai macam jam tangan pria dan wanita tersedia di The Watch Co., baik jam tangan casual, sporty, formal, automatic, analog, dan digital, serta jam tangan mewah pun tersedia.

 

4. Meminimalkan bujet dengan promo

Para pencari jam tangan bisa meminimalkan budget dengan promo yang ditawarkan. 

 

5. Pastikan layanan purna jual

Ketika jam tangan favorit kita melewati masa garansi, momen tersebut seringkali dianggap sebagai saat yang penting. Jam tangan bukan hanya alat penunjuk waktu, tetapi juga merupakan bagian dari gaya yang abadi. Menjaga agar jam tangan tetap dalam kondisi prima setelah masa garansi bisa menjadi tantangan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement