Rabu 08 May 2024 11:30 WIB

Pilih Mana, Pakai Smart Ring atau Smartwatch?

Sebelum membeli, pastikan semua detail sudah diketahui tentang keduanya.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Kolase Huawei Band 8 dan Samsung Ring.
Foto: ist
Kolase Huawei Band 8 dan Samsung Ring.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cincin pintar atau smart ring serta jam tangan pintar atau smartwatch memiliki tujuan serupa, namun dibuat untuk orang berbeda dengan preferensi berbeda. Kedua perangkat ini bisa dipilih sesuai kebutuhan dan prioritas tiap orang.  

Ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum memilih antara jam tangan pintar atau cincin pintar. Pertimbangan tersebut termasuk soal anggaran, desain, fitur, serta berbagai hal seperti berikut, dikutip dari laman TechRadar, Rabu (8/5/2024).

1. Desain dan daya tahan perangkat

Jika seseorang merasa tidak nyaman mengenakan sesuatu di pergelangan tangan, cincin pintar tentu menjadi alternatif yang lebih baik. Namun, apabila lebih suka perangkat dengan layar, lebih pas memilih jam tangan pintar atau pelacak kebugaran yang lebih besar. 

Karena cincin pintar tidak memiliki layar, cocok untuk pengguna yang fokus pada pelacakan kebugaran tanpa gangguan digital. Namun, cincin pintar cukup rentan terhadap keausan, sementara lebih banyak smartwatch premium dirancang untuk daya tahan pemakaian yang lebih lama.

2. Fitur dan aplikasi

Cincin pintar dirancang menjadi lebih pasif dibanding jam tangan pintar, meskipun beberapa model kini menyertakan fitur tambahan seperti alarm getar. Perangkat ini cocok untuk pengguna yang ingin "memutuskan sambungan" dari layar.

Di sisi lain, jam tangan pintar, terutama yang memiliki konektivitas LTE, menawarkan banyak kemungkinan. Smartwatch dapat berfungsi sebagai perangkat mandiri, bisa mengirimkan peringatan SOS, melakukan panggilan, kontrol fisik, asisten suara bawaan, dan penyertaan banyak aplikasi lain.

3. Pelacakan tidur

Salah satu keuntungan signifikan dari cincin pintar adalah keakuratannya dalam pelacakan tidur berkat data yang dikumpulkan, seperti detak jantung, pergerakan, dan bahkan suhu. Untuk pelacakan tidur yang nyaman, cincin pintar merupakan pilihan yang lebih cocok. 

Banyak juga model jam tangan pintar dan pelacak kebugaran yang sama efektifnya dalam melacak tidur. Kekurangannya, mungkin kurang nyaman mengenakan saat tidur dan perangkat tersebut mungkin memerlukan pengisian daya setiap malam.

Cincin pintar....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement