Senin 03 Jul 2023 20:05 WIB

Begini Penampakan Cincin Saturnus, Cantik dan Glowing

Ciri khas Saturnus adalah cincin besar dan indah yang mengelilinginya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Teleskop Luar Angkasa Webb milik NASA  berhasil mengabadikan cincin yang mengelilingi Saturnus terlihat bersinar dengan indah.
Foto: NASA
Teleskop Luar Angkasa Webb milik NASA berhasil mengabadikan cincin yang mengelilingi Saturnus terlihat bersinar dengan indah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Teleskop Luar Angkasa Webb milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengabadikan gambar terbaru Planet Saturnus. Pada foto terbaru yang dirilis Jumat (30/6/2023) itu, cincin yang mengelilingi Saturnus terlihat bersinar dengan indah.

Dikutip dari laman Japan Today, Senin (3/7/2023), Teleskop Luar Angkasa Webb menjepret gambar itu dengan inframerah akhir pekan lalu. Pada panjang gelombang yang diterapkan, planet tampak gelap karena sinar matahari diserap oleh metana di atmosfer.

Baca Juga

Gelapnya Saturnus menjadi sangat kontras dengan cincin es yang tetap tampak cerah dan bersinar. Para ilmuwan sangat senang dengan hasil bidikan terbaru tersebut, sebab dapat menangkap detail lebih jelas dari atmosfer Saturnus.

Tiga dari ratusan bulan yang dimiliki Saturnus juga tertangkap kamera, yakni Enceladus, Tethys, dan Dione. Para peneliti berharap dapat mengungkap struktur cincin baru serta bulan baru yang selama ini mungkin masih tersembunyi dari pandangan.

"Kami berharap dapat menggali lebih dalam untuk melihat penemuan apa yang mungkin menunggu," kata ilmuwan peneliti senior Space Telescope Science Institute, Matthew Tiscareno, yang melakukan pengamatan.

Di tata surya, Saturnus merupakan planet keenam dari Matahari, sekaligus planet terbesar kedua setelah Jupiter. Berdasarkan hasil pengamatan terbaru astronom per Mei 2023, Saturnus diketahui memiliki 145 bulan. Sebelumnya, jumlah bulan Saturnus tercatat hanya sebanyak 83. 

Ciri khas Saturnus adalah cincin besar dan indah yang mengelilinginya. Sebenarnya, cincin Saturnus merupakan gabungan berbagai partikel yang jumlahnya sangat banyak. Sebagian besar terbuat dari debu es atau silika, serta bongkahan batuan beragam ukuran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement