Sabtu 03 Jun 2023 17:10 WIB

Review Motorola Edge Plus: Gaya dan Spek Disempurnakan

Motorola Edge Plus adalah ponsel premium terbaru yang ditujukan untuk pasar AS.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Motorola menghadirkan seri Edge Plus tahun ini.
Foto: CNET
Motorola menghadirkan seri Edge Plus tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Motorola Edge Plus adalah ponsel premium terbaru yang ditujukan untuk pasar AS. Ada peningkatan menyeluruh dibandingkan Edge Plus tahun lalu. Dengan kapasitas baterai yang besar dan harga kompetitif, penggemar Android memiliki pesaing papan atas untuk pertimbangan memilih ponsel.

Motorola telah menyempurnakan ponsel premiumnya di bawah Lenovo selama bertahun-tahun, dengan menambahkan beberapa fitur dalam upaya menemukan kombinasi tepat bagi pembeli ponsel papan atas. Edge Plus terbaru adalah kombinasi terbaik sejauh ini. Namun, itu bukan ponsel yang persis sama yang dijual di seluruh dunia, karena Motorola merilis versi yang sedikit berbeda di berbagai wilayah. Misalnya, Edge Plus yang tersedia di AS hampir identik dengan Edge 40 Pro di Eropa dan di tempat lain, tetapi memiliki baterai yang lebih besar dan kecepatan pengisian ulang yang lebih sederhana.

Baca Juga

Motorola Edge Plus terlihat dan terasa premium dengan tampilan tajam, yang menampilkan tepi melengkung bergaya air terjun. Baterai besar dan kecepatan pengisian yang sangat cepat, sehingga menjadikan Edge Plus pilihan cocok untuk siapa saja yang tidak membutuhkan kemampuan foto zoom Galaxy S23 atau AI Pixel 7.

Motorola Edge Plus baru memiliki baterai 5.100 mAh, lebih besar 300 mAh dari pendahulunya. Dalam praktiknya, ponsel dengan mudah bertahan dari aktivitas sehari-hari yang padat media. Namun, berdasarkan pengujian, Edge Plus hanya bertahan lebih lama daripada banyak ponsel lain, terutama saat menonton video dan bermain gim. Baterai berhasil melewati penggunaan sehari penuh, meskipun kemungkinan besar tidak dapat bertahan dua hari penuh tanpa mengisi ulang.

Pengisian cepat Edge Plus mengungguli beberapa rekannya. Ini mungkin tidak memiliki pengisian daya 125 watt yang sangat cepat dari European Edge 40 Pro, tetapi pengisi daya 68 watt yang disertakan di dalam kotak sudah lebih dari cukup. Selain pengisian kabel 68 watt, Edge Plus memiliki pengisian daya nirkabel 15 watt dan dapat mengisi daya perangkat lain dengan daya 5 watt.

Layar OLED Edge Plus 6,7 inci, 2.400x1.080 piksel memiliki visual yang tajam dan jernih, serta mendukung HDR10 Plus. Ini memiliki kecepatan refresh 165Hz, yang secara teknis lebih cepat daripada layar kecepatan refresh 144Hz Edge Plus terakhir. Ponsel ini juga memiliki sensor sidik jari di bawah layar untuk keamanan, serta pengenalan wajah untuk membuka kunci ponsel.

Edge Plus mengemas chipset Snapdragon 8 Gen 2, silikon premium tingkat atas dari Qualcomm, RAM LPDDR5 8GB, dan penyimpanan 256GB atau 512GB, meskipun tidak memiliki opsi untuk penyimpanan kartu microSD. Secara keseluruhan, Edge Plus bekerja dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement