Jumat 02 Jun 2023 18:27 WIB

Berjasa Temukan Ratusan Eksoplanet, Inilah Perjalanan Teleskop Kepler Hingga Mati

Saat ini posisi Kepler sudah digantikan oleh TESS NASA.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Teleskop Kepler yang berjasa menemukan ratusan eksoplanet/ilustrasi
Foto: NASA
Teleskop Kepler yang berjasa menemukan ratusan eksoplanet/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Teleskop Kepler menjadi perangkat milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang berjasa menemukan eksoplanet alias planet di luar tata surya kita. Perjalanan panjang Teleskop Kepler telah dimulai saat diluncurkan pada Maret 2009.

Tugasnya adalah untuk mengamati 150.000 bintang terpilih di konstelasi Cygnus, dalam misi utama yang diperkirakan berlangsung selama 3,5 tahun. Pesawat ruang angkasa mendokumentasikan penurunan cahaya bintang yang mengisyaratkan planet yang mengorbit- teknik yang dikenal sebagai “metode transit”.

Baca Juga

Empat tahun pertama Kepler di luar angkasa berjalan mulus. Tapi dua dari empat roda reaksinya –-perangkat penting untuk mengarahkan observatorium ke targetnya-- tak beroperasi pada 2013 dan tidak lagi dapat fokus tepat pada bintang.

Setahun kemudian, para ilmuwan mengimplementasikan solusi penyelesaian yang menggunakan dua roda reaksi baik teleskop dan pendorong onboardnya untuk menjaga keseimbangan yang sedikit tidak stabil tetapi bisa diterapkan. 

Kepler pun berjuang selama empat tahun lagi dan menatap lapisan langit yang berbeda setiap 80 hari sekali, dalam misi baru yang dikenal sebagai K2 di mana ia menemukan ratusan eksoplanet lagi.

Pada akhir Agustus 2018, kekuatan pengamatan Kepler telah memburuk sedemikian rupa sehingga Kampanye K2 19 selama sebulan – siklus pengamatan terakhir Kepler- hanya menghasilkan data berkualitas tinggi selama sepekan.

Dalam kumpulan data terbatas itu, yang mencakup informasi tentang 33.000 bintang tambahan, tim melihat satu transit masing-masing untuk tiga eksoplanet di sekitar tiga bintang redup.

Dua dari planet itu mengorbit bintang kerdil merah yang keren dan disebut para astronom mini-Neptunes: K2-416 b, yang 2,6 kali lebih lebar dari Bumi dan mengorbit bintangnya setiap 13 hari Bumi; serta K2-417 b, yang tiga kali lebih lebar dari Bumi dan mengelilingi bintangnya setiap 6,5 hari.

Pada saat-saat terakhir itu, pendorong teleskop menembak secara tidak menentu, menyebabkan lompatan tajam pada “kurva cahaya” yang terkumpul, kata para peneliti. 

Saat ini posisi Kepler telah tergeser oleh Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA, yang diluncurkan pada 2018 dengan tujuan yang sama dengan Kepler, yaitu untuk memvalidasi identitas K2-417 b. TESS sejauh ini telah memetakan lebih dari 93 persen langit, baru-baru ini merayakan lima tahun di luar angkasa.

Untuk memvalidasi keberadaan K2-416 b dan K2-417 b, tim mencari transit kedua planet di sekitar bintangnya masing-masing. Mereka menemukan bahwa kurva cahaya bintang-bintang telah menukik pada kedalaman dan durasi yang sama seperti yang mereka alami selama transit pertama yang terdeteksi, memastikan kandidat tersebut adalah eksoplanet asli.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement