Ahad 01 Jan 2023 04:25 WIB

Di Mars Juga Ada Tahun Baru Lho, Ini Fakta-Fakta Tahun Baru di Mars

26 Desember 2022, menandai dimulainya tahun 37 di Mars.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Mars
Foto:

Menyempurnakan tahun kalender Mars

Belakangan, sistem tersebut menyertakan Tahun Mars 0 (didefinisikan sebagai awal 24 Mei 1953), sehingga memungkinkan angka tahun negatif. Itu mirip dengan penggunaan A.D. atau B.C. dalam kalender Gregorian (sebelum masehi). 

Satu tahun di Mars sama dengan 687 hari Bumi. Dibutuhkan hampir dua kali lebih lama agar Mars menyelesaikan orbit mengelilingi Matahari. Artinya, usia kita akan jauh lebih sedikit jika Anda tinggal di Mars.

Jika Anda ingin merasa lebih muda, bagilah usia Anda saat ini dengan 1,88 dan sebutkan dengan santai kepada teman Anda bahwa itulah usia Anda yang sebenarnya... di Mars.

Hari Mars

Hari Mars, seperti di Bumi, adalah waktu yang dibutuhkan planet untuk membuat satu rotasi di sekitar porosnya. Hari di Mars disebut sol. Satu sol hanya sedikit lebih panjang dari satu hari Bumi yakni 24 jam 39 menit.

Musim di Mars

ESA memberikan fakta tentang musim di Mars. Mars memiliki empat musim: musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur.

Posisi planet di sepanjang orbitnya mengelilingi matahari menentukan musim. Tahun Baru Mars dimulai dengan titik balik utara (musim semi utara, musim gugur selatan).

Saat Mars bergerak melalui lintasan tahunannya, kemiringan sumbu planet menyebabkan belahan bumi utara menerima lebih banyak sinar matahari selama musim panas utara. Belahan bagian selatan menerima lebih banyak sinar matahari di musim dingin utara, seperti di Bumi.

Tidak seperti musim di Bumi, musim di Mars tidak memiliki panjang yang sama. Ini karena orbit Mars mengelilingi matahari lebih elips daripada Bumi. Misalnya musim semi belahan bumi utara (musim gugur belahan bumi selatan) berlangsung paling lama, 194 sol. Musim gugur belahan bumi utara (musim semi belahan bumi selatan) adalah musim terpendek dengan 142 sol.

 

Orbit elips Mars dapat memiliki konsekuensi penting. Selama musim semi dan musim panas selatan, Mars berayun dekat matahari lebih dekat dan lebih cepat. Peningkatan luminositas yang dihasilkan memanaskan atmosfer, menyebabkan turbulensi yang mengangkat partikel yang sangat halus dari tanah Mars. Karena alasan ini, paruh kedua tahun Mars sering kali terjadi badai debu yang ganas yang terkadang bisa meluas ke seluruh planet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement