Sabtu 06 Aug 2022 00:02 WIB

Virgin Galactic Tunda Lagi Penerbangan Komersial Luar Angkasa

Virgin Galactic awalnya akan luncurkan penerbangan komersial luar angkasa akhir 2022.

Pesawat luar angkasa Virgin Galactic. Virgin Galactic sudah menjual tiket jalan-jalan ke luar angkasa sejak Februari 2022. Penerbangan komersial tersebut semula dijadwalkan pada akhir 2022, namun kemudian dimundurkan menjadi kuartal kedua 2023.
Foto:

Sementara itu, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berencana meminta pensiunan astronautnya mengomandani misi di semua penerbangan swasta ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Langkah tersebut diambil guna meningkatkan keselamatan penumpang dan mengurangi kekurangan awak NASA pada operasi ISS yang sedang berlangsung.

Eks astronaut NASA akan memberikan panduan berpengalaman kepada astronaut swasta selama masa persiapan sebelum penerbangan hingga pelaksanaan misi. Beberapa perubahan ini akan berdampak pada wisatawan antariksa, termasuk standar medis baru untuk astronaut swasta hingga lama waktu tunggu untuk proyek penelitian swasta.

Menurut kabar itu, perubahan baru merupakan hasil dari evaluasi penerbangan Axiom Space pada April lalu. Ketika itu, setiap penumpang membayar 55 juta dolar AS untuk terbang pada misi astronaut swasta pertama ke ISS.

Di tengah perjalanan dua pekan yang padat, penumpang juga mengerjakan penelitian mereka yang merugikan kru ISS dan kru Axiom. Misi Ax-1 sebenarnya dipimpin oleh eks astronaut NASA bernama Michael López yang saat ini menjabat sebagai kepala astronaut di Axiom.

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement