Senin 21 Mar 2022 17:52 WIB

Hapus Riwayat Pencarian Google dalam Dua Langkah Cepat Ini

Riwayat pencarian Google bisa dihapus dalam jangka wakyu 15 menit.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Google search
Foto: mashable
Google search

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Apakah Anda mempunyai riwayat pencarian yang memalukan di Google? Tenang saja, Google sudah menyiapkan cara cepat dan mudah untuk menghapus riwayat pencarian terakhir. Fitur yang diluncurkan oleh raksasa pencarian pada konferensi pengembang Google I/O tahun lalu adalah di antara beberapa opsi yang dirancang untuk melindungi privasi pengguna.

Walaupun Google tidak perlu mengetahui alasan seseorang mungkin ingin menghapus riwayat pencarian mereka, perusahaan memang menunjukkan cara melakukannya bersama dengan menyembunyikan gambar tertentu dari Foto Google. Berikut dua langkah cepat untuk menghapus riwayat pencarian Google dari 15 menit terakhir, seperti dikutip CNet, Senin (21/3):

Baca Juga

1.Ketuk gambar profil Anda untuk mengakses menu Anda.

2.Klik Hapus 15 menit terakhir.

Anda telah selesai melakukannya dan Google akan menghapus semua riwayat pencarian Anda dari seperempat jam sebelumnya.

Dikutip The Verge, sayangnya, kemampuan untuk menghapus 15 menit terakhir di riwayat pencarian Google hanya bisa dilakukan untuk pengguna Android. Google pertama kali mengumumkan fitur tersebut di Google I/O pada bulan Mei dan datang ke aplikasi iOS Google pada bulan Juli. Pada saat itu, Google mengatakan akan tiba di aplikasi versi Android nanti pada tahun 2021. Namun, untuk beberapa alasan, perusahaan tampaknya melewatkan tenggat waktu itu.

Tidak jelas apakah Google berencana untuk membawa fitur tersebut ke desktop dalam postingan pengumuman pada Mei dan perusahaan tidak menentukan platform mana yang akan tersedia. Lalu pada bulan Juli, Google menyebut fitur tersebut akan datang ke aplikasi iOS dan Android. Google juga menawarkan alat untuk secara otomatis menghapus hal-hal dalam riwayat pencarian Anda yang berusia tiga, 18, atau 36 bulan.

Dalam waktu dekat ini, Konferensi pengembang tahunan besar Google bernama Google I/O akan berlangsung pada 11 dan 12 Mei. Hal itu diumumkan oleh perusahaan pada Rabu (16/3/2022).

Sama seperti tahun sebelumnya, acara akan sepenuhnya diadakan secara daring dan akan disiarkan langsung dari lokasi yang sering digunakan Google I/O, yaitu Shoreline Amphitheatre, California, Amerika Serikat (AS).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement