Jumat 29 Mar 2024 19:23 WIB

Google Maps dan Google Search Punya Fitur Baru Bantu Perjalanan Pengguna

AI generatif di Google Search berguna untuk merencanakan perjalanan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Google Maps.
Foto: The Verge
Google Maps.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google mengumumkan sejumlah fitur baru yang menarik untuk Google Maps dan Google Search. Semuanya dirancang untuk membantu Anda selama perjalanan.

Fitur daftar khusus di Google Maps juga mendapatkan sebagian besar perhatian dalam hal peningkatan versi. Dilansir Tech Radar, Kamis (28/3/2024), tampaknya fitur daftar di Google Maps belum begitu dikenal, jadi mungkin opsi baru ini akan membantu.

Baca Juga

Google mengatakan kini Google Maps mempermudah pengguna menemukan daftar-daftar yang dibuat oleh mereka di kota-kota tertentu di Amerika Serikat (AS) dan Kanada. Daftar-daftar ini akan muncul saat Anda menggeser ke atas pada kartu info suatu kota.

Ada tiga daftar sumber kerumunan, yaitu tempat-tempat yang sedang tren, tempat-tempat yang mendapat ulasan-ulasan terbaik, dan “permata’ yang “di bawah radar” (meskipun mungkin tidak akan bertahan lama, jika memang demikian) ditampilkan di Google Maps). Daftar-daftar yang dikurasi dari sumber seperti Lonely Planet dan New York Times juga akan ditampilkan.

Sementara itu, opsi-opsi penyesuaian lainnya akan muncul saat Anda membuat daftar sendiri di Google Maps di Android dan iOS. Tempat-tempat dapat disusun ulang dalam daftar untuk pertama kalinya, dan tautan ke postingan-postingan terkait di saluran-saluran media sosial Anda juga dapat ditambahkan.

Daftar yang dapat dibagikan ini dapat berguna untuk merencanakan perjalanan, mencatat tempat favorit Anda, dan banyak lagi. Perlu diperhatikan juga, Google Maps di perangkat seluler mendapatkan tampilan baru yang segar. Google mengatakan layar beranda akan lebih bersih dan tidak berantakan di masa depan, dengan lebih sedikit tab.

Tab saat ini adalah Explore, Go, Saved, Contribute, dan Updates. Warna pin baru juga diperkenalkan, meskipun Tech Radar belum melihat seperti apa desain barunya.

Selanjutnya, Google mengatakan bahwa mereka memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk membuat ringkasan cerdas tentang tempat-tempat di Google Maps, yang mencakup ulasan dan foto yang ditambahkan oleh para pengguna. AI juga akan digunakan untuk menambahkan informasi tentang foto-foto makanan. Misalnya, seperti apa sebenarnya hidangan tersebut.

Selain itu, opsi AI generatif yang kini tersedia di Google Search menjadi lebih berguna untuk merencanakan perjalanan. Jika Anda ikut serta dalam Search Generative Experience (SGE) di Google, Anda dapat memasukkan permintaan Anda. Contohya, “rencanakan saya perjalanan tiga hari ke Philadelphia yang semuanya tentang sejarah”, dan dapatkan banyak saran sebagai balasannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement