Senin 21 Mar 2022 12:32 WIB

Google Uji Dukungan Kecepatan VRR di Chrome OS

VRR dapat digunakan dengan tampilan yang mumpuni.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Google
Foto: AP
Google

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Google sedang menguji dukungan untuk variable refresh rate (VRR) di Chrome OS 101 Dev Channel. Kabar tersebut pertama kali diketahui oleh Kevin Tofel di About Chromebooks. Untuk mengakses fitur iut, Anda harus mengaktifkan tanda di chrome://flags#enable-variable-refresh-rate.

Google mengatakan VRR dapat digunakan dengan tampilan yang mumpuni. VRR bertujuan untuk mencegah terjadinya screen tearing atau layar tersendat dengan menyinkronkan kecepatan refresh tampilan dengan frame per detik (FPS) dari apa pun yang ada di layar.

Baca Juga

Pengujian fitur Google dapat menunjukkan pengalaman bermain game yang lebih lancar di Chrome OS. Ini masuk akal mengingat Google baru mengumumkan Steam akan segera hadir di Chrome OS.

Desas-desus tentang perilisan tiga Chromebook potensial yang berfokus pada game juga telah beredar, kemungkinan yang semakin kuat dengan bendera Chrome OS baru yang menambahkan dukungan keyboard RGB.

Namun di sisi lain, dukungan VRR dapat menandakan kecepatan refresh yang ditingkatkan untuk tablet Chrome OS di masa mendatang. Seperti yang dicatat oleh rekan saya Dan Seifert dalam ulasannya tentang Lenovo Chromebook Duet 5 dan HP Chromebook X2 11, Chrome OS saat ini cukup kikuk saat digunakan dalam bentuk tablet.

Dilansir The Verge, Senin (21/3/2022), tablet yang menjalankan Chrome OS akan membutuhkan VRR jika ingin bersaing dengan Samsung dan Apple. Jajaran Samsung Galaxy Tab S8 memiliki kecepatan refresh 120Hz sedangkan iPad Pro hadir dengan dukungan ProMotion, nama lain VRR yang membuat animasi bergulir lebih halus.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement