Selasa 21 Nov 2023 08:41 WIB

Google Hilangkan Fitur Notifikasi Aplikasi di Android 14?

erusahaan juga tidak memberikan alasan apa pun untuk mengubah Android 14.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Menjelang rilis Android 14, Google telah memperbarui desain logo Android dan branding terkait dengan tampilan yang lebih modern.
Foto: Sam Mobile
Menjelang rilis Android 14, Google telah memperbarui desain logo Android dan branding terkait dengan tampilan yang lebih modern.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pengguna Android awalnya bisa menekan lama ikon di layar beranda untuk melihat notifikasi dari aplikasi dengan cepat. Dengan fitur ini, pengguna dapat melihat notifikasi apa pun yang tersedia dari suatu aplikasi dengan menahan ikon di beranda tersebut.

Fitur ini akan menampilkan satu notifikasi dan opsi untuk menampilkan lebih banyak informasi. Selain itu, fungsi ini juga memungkinkan pengguna untuk menghapus notifikasi. Namun, hal ini diperkirakan akan berubah dengan Android 14.

Baca Juga

Bagaimana Android 14 akan mengubah fungsi ini?

Menurut laporan oleh 9to5Google, dikutip dari Gadgetsnow, Selasa (21/11/2023), Google telah menghapus fitur ini dari Android 14. Di Android versi terbaru, menekan lama ikon akan menampilkan pintasan aplikasi, serta info Aplikasi, Jeda aplikasi, dan Widget.

Karena daftar mengambang telah berhenti menampilkan pemberitahuan, tiga pintasan lainnya kini akan muncul sebagai daftar lengkap di bagian atas, alih-alih digabungkan. Sesuai laporan, Google kemungkinan memperkenalkan daftar setelah memutuskan untuk menghapus bagian notifikasi.

Google mengonfirmasi perubahan ini saat menjalankan Program Android 14 Beta. Pada bulan Agustus, perusahaan menjelaskan bahwa penghapusan notifikasi adalah perilaku baru yang dimaksudkan dan “tidak akan diperbaiki”.

Perusahaan juga tidak memberikan alasan apa pun untuk mengubah fungsinya. Namun, Google mungkin mengetahui statistik dan pola penggunaannya.

Bulan lalu, Google mulai meluncurkan versi stabil Android 14 untuk perangkat Pixel. Sejak itu, banyak pengguna dilaporkan meminta perusahaan untuk mengembalikan kemampuan tersebut.

Selain itu, Google mungkin tidak berencana untuk membuat perubahan besar lainnya pada menu tekan lama aplikasi di Android 14. Setelah menerima masukan dari pengguna, perusahaan mungkin memutuskan untuk mengembalikan fitur notifikasi tetapi penghapusan tersebut mungkin tidak berdampak drastis pada sebagian besar pengguna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement