Kamis 26 Oct 2023 14:23 WIB

Agar Ponsel Android Makin Moncer, Ikuti 3 Cara Ini

Android 14 telah mengubah mekanisme penyeimbangan beban kerja prosesor dan memori.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Android 14 mengurangi aktivitas background untuk meningkatkan kinerja dan memperpanjang masa pakai baterai./ilustrasi
Foto: Sam Mobile
Android 14 mengurangi aktivitas background untuk meningkatkan kinerja dan memperpanjang masa pakai baterai./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Android 14 mengurangi aktivitas background untuk meningkatkan kinerja dan memperpanjang masa pakai baterai. Dengan membatasi aktivitas aplikasi di background, menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan, mengurangi kecerahan layar, dan menerapkan algoritme manajemen daya tingkat lanjut, Android 14 dapat membantu pengguna memaksimalkan baterai ponsel cerdas mereka. 

Namun, penting untuk dicatat bahwa meskipun Android 14 memperkenalkan fitur penghemat baterai ini, dampak sebenarnya terhadap masa pakai baterai dapat bervariasi tergantung pada pola penggunaan individu dan hardware perangkat. 

Baca Juga

Dalam podcast “The Android Show” terbaru, VP of Engineering Google untuk Android, Dave Burke, mengatakan bahwa sistem Android 14 telah mengubah mekanisme penyeimbangan beban kerja prosesor dan memori. Dia mengatakan ini tidak hanya meningkatkan kinerja perangkat tetapi juga masa pakai baterai.

Ada cara untuk meningkatkan kinerja dan memperpanjang masa pakai baterai Android 14, yaitu melalui pengurangan aktivitas background, broadcast, dan ukuran kode.  Pengguna Android 14 juga dapat meningkatkan kinerja perangkat dan masa pakai baterai melalui hal berikut, seperti dilansir dari Gizchina, Kamis (26/10/2023).

1. Mode Penghemat Baterai

Mode penghemat baterai adalah cara termudah untuk memperpanjang masa pakai baterai. Ini secara otomatis mengurangi aktivitas background dan membatasi kinerja aplikasi, sehingga dapat menghemat baterai hingga 20 persen. Untuk mengaktifkan mode penghemat baterai, buka aplikasi Pengaturan dan buka Baterai. Lalu, ketuk penghemat baterai dan aktifkan switch.

 

2. Kurangi Kecerahan Layar

Layar ponsel merupakan salah satu komponen perangkat yang banyak menggunakan daya. Jadi, dengan menggunakan pengaturan layar yang sesuai dan relevan, pengguna bisa menghemat baterai. Mengurangi kecerahan layar juga dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai. Untuk mengurangi kecerahan layar, geser ke bawah dari atas layar untuk membuka panel Pengaturan Cepat. Lalu, geser kecerahan ke kiri untuk mengurangi kecerahan layar.

 

3. Algoritma Manajemen Daya Tingkat Lanjut

Selain itu, Android 14 menerapkan algoritme manajemen daya yang lebih canggih. Algoritmaini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan baterai dengan mengelola sumber daya sistem secara cerdas dan memprioritaskan aplikasi yang boros daya. Dengan sumber daya lebih efisien, Android 14 dapat memperpanjang masa pakai baterai, terutama selama penggunaan berat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement