Kamis 23 Nov 2023 17:32 WIB

Ini Daftar Ponsel yang Kebagian Android 14, Bagaimana dengan Anda?

Google adalah salah satu pembuat ponsel pertama yang merilis versi stabil Android 14.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Di luar Google, Xiaomi adalah salah satu Original Equipment Manufacturer (OEM) pertama yang meluncurkan rilis stabil Android 14 kepada penggunanya./ilustrasi
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Di luar Google, Xiaomi adalah salah satu Original Equipment Manufacturer (OEM) pertama yang meluncurkan rilis stabil Android 14 kepada penggunanya./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun Google mungkin telah merilis Android 14 pada awal Oktober, ada kemungkinan Anda masih menunggu pembaruan tiba di perangkat Anda. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan telah melakukan yang terbaik untuk mengurangi kesenjangan antara versi terbaru Android yang hadir di ponsel Pixel dan versi mitra pihak ketiga. Berikut perincian kapan Android 14 tiba di beberapa produsen, seperti dilansir Engadget, Kamis (23/11/2023):

 

Baca Juga

1.ASUS

ASUS mulai menguji Android 14 secara publik di AS pada 10 Oktober. Saat ini, beta hanya tersedia di Zenfone 10.  ASUS menolak memberitahukan kapan pengguna Zenfone 10 dapat mengharapkan versi stabil Android 14 untuk hadir di perangkat mereka.

Selain Zenfone 10, hanya segelintir ponsel ASUS lainnya yang akan menerima Android 14. Ponsel tertua yang akan diupdate ASUS dengan Android 14 adalah Zenfone 9 dan ROG Phone 6.

 

2.Google

Sebagai pengelola utama Android, Google adalah salah satu pembuat ponsel pertama yang merilis versi stabil Android 14. Sebagian besar lini Pixel, sejak Pixel 4a 5G tahun 2020, telah memiliki akses ke Android 14 sejak 4 Oktober. Dimulai dengan seri Pixel 8, Google berjanji akan mendukung perangkat masa depan selama tujuh tahun. 

Penurunan fitur Android 14 Pixel pertama akan tiba sekitar bulan Desember. Sementara itu, Anda dapat mendaftar ke program Android Beta Pixel untuk melihat dua rilis platform triwulanan (QPR) Android 14 yang pertama.

 

3.Huawei

Kecuali ada perubahan dramatis dalam hubungan AS-China, perangkat Huawei di AS, Kanada, dan Eropa tidak akan menerima akses ke Android 14, setidaknya dalam bentuk yang dapat diakses pada perangkat dari produsen lain.

Pada tahun 2019, Departemen Perdagangan menempatkan raksasa telekomunikasi itu dalam Daftar Entitasnya, sebuah langkah yang mendorong Google untuk memutuskan hubungan resmi dengan Huawei. HarmonyOS, versi Android perusahaan, tidak mengambil langsung dari basis kode yang disediakan Google untuk mitra komersialnya. Selain itu, sebagian besar perangkat Huawei terbaru, termasuk Mate 60 Pro, tidak tersedia di luar China.

 

4.Motorola

Motorola akan mulai meluncurkan Android 14 ke ponselnya pada awal tahun 2024. Edge, Edge+, dan Edge 30 Fusion 2022 adalah perangkat tertua yang rencananya akan ditingkatkan perusahaannya kali ini. Jajaran produk pada tahun 2023, termasuk Razr, Razr+, Moto G Power, G Stylus, dan G 5G juga dijadwalkan untuk menerima Android 14.

 

5.Samsung

Samsung mulai meluncurkan versi stabil dari skin Android 14-nya, One UI 6, pada akhir bulan lalu. Dengan perusahaan yang menawarkan pembaruan OS empat generasi di banyak perangkat terbarunya, ponsel lama seperti Galaxy S21 dan Galaxy A32 tidak akan ketinggalan dari peluncuran Android 14 perusahaan. Meskipun demikian, Anda harus menunggu lebih lama jika Anda memiliki salah satu ponsel sebelumnya.

 

6.Xiaomi

Di luar Google, Xiaomi adalah salah satu Original Equipment Manufacturer (OEM) pertama yang meluncurkan rilis stabil Android 14 kepada penggunanya. MIUI 14 yang dibangun di atas sistem operasi Google versi terbaru, tersedia di Xiaomi 13 Pro, 13, dan 12T. Sayangnya, mereka yang memiliki ponsel Xiaomi lama mungkin harus menunggu beberapa saat sebelum MIUI 14 hadir di ponsel mereka. 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement