Ahad 20 Feb 2022 17:14 WIB

Ilmuwan Petakan 6 Penggabungan Galaksi Bima Sakti

Selama sekitar 13,6 miliar tahun Bima Sakti telah bertabrakan dengan galaksi lain.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Gambar pusat Galaksi Bima Sakti yang diambil dari instrumen HAWK-I.
Foto: esa
Gambar pusat Galaksi Bima Sakti yang diambil dari instrumen HAWK-I.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang sejarah Alam Semesta, galski Bima Sakti belum 'berlayar' dengan tenang melalui ruang intergalaksi. Sebaliknya, selama sekitar 13,6 miliar tahun terakhir galaksi Bima Sakti telah bertabrakan dan memangsa banyak galaksi lain.

Sekarang, para astronom yang dipimpin oleh Khyati Malhan dari Max Planck Institute for Astronomy di Jerman telah memetakan enam dari penggabungan galaksi kuno ini. Lima di antaranya sudah diketahui, dan yang keenam baru ditemukan.

Baca Juga

Hasilnya akan mengarah pada pemahaman yang lebih lengkap tentang sejarah, pertumbuhan dan evolusi galaksi kita, dan asal-usul bintang-bintang di dalamnya.

“Atlas dinamis dari penggabungan Bima Sakti yang kami sajikan di sini memberikan pandangan global tentang pembentukan galaksi yang sedang beraksi,” tulis para peneliti dalam makalah mereka, dilansir dari Sciencealert, Ahad (20/2/2022).

Galaksi Bima Sakti tidak hanya terdiri dari piringan datar bintang yang mengorbit lubang hitam supermasif. Jangkauan gravitasinya berbentuk bola, yang tidak hanya memanjang di atas dan di bawah bidang galaksi, tetapi juga mengelilingi piringan itu dan sekitarnya. Struktur ini disebut halo galaksi dan sebagian besar dibentuk oleh penggabungan dengan beberapa galaksi lain.

Ketika Bima Sakti berinteraksi dengan galaksi lain, hasilnya juga bukan subsumsi yang rapi. Gaya pasang surut (gravitasi) yang berperan meregangkan galaksi lain, sehingga membentuk apa yang disebut aliran bintang-sungai bintang yang melengkung melintasi langit. Selain itu, gugus bintang padat yang disebut gugus bola dan galaksi satelit juga sering dianggap sebagai sisa-sisa penggabungan galaksi, yang bersembunyi di lingkaran cahaya.

Dalam beberapa tahun terakhir, para astronom telah mengidentifikasi lebih banyak aliran ini di lingkaran galaksi berkat sebuah proyek yang disebut Gaia. Satelit Gaia menggunakan parallax bintang untuk menentukan posisi tepat dan pergerakan bintang Bima Sakti di ruang tiga dimensi dengan akurasi tertinggi.

Penemuan yang dimungkinkannya cukup spektakuler, termasuk penggabungan galaksi Gaia-Enceladus yang terjadi tempat sembilan miliar tahun yang lalu.

Rilis ketiga awal data Gaia terjadi pada Desember 2020. Malhan dan rekan-rekannya menggunakan prosedur statistik yang membantu mengidentifikasi apakah grup tersebut terkait dengan penggabungan galaksi atau tidak. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement