Ahad 19 Dec 2021 19:53 WIB

Mengenal Android 12L , Ini Fitur-Fiturnya

Android 12 adalah versi terbaru dari sistem operasi ponsel cerdas Google.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Agung Sasongko
Sistem operasi Android. Ilustrasi
Foto:

Android 12L sebagian besar memiliki fitur yang sama dengan Android 12, karena ini hanyalah versi yang telah dioptimalkan untuk perangkat layar besar. Tapi itu berarti beberapa perubahan pada tata letak dan beberapa fungsi. 

Bayangan pemberitahuan dua kolom

Dengan Android 12L, drop-down notifikasi memiliki dua kolom, bukan satu, dengan pengaturan cepat di sebelah kiri dan notifikasi di sebelah kanan. Hal ini membuat sebagian besar dari semua ruang ekstra.

Layar kunci dengan tampilan baru

Layar kunci juga menggunakan dua kolom untuk menampilkan informasi, tetapi selain itu jika Anda mengaktifkan kunci pola atau PIN, ini akan ditampilkan di sisi layar untuk memudahkan jangkauan. Jika Anda ingin kunci di sisi lain, cukup ketuk sisi itu dan itu akan melompat ke seberang. 

Peningkatan multitasking

Dengan Android 12L, ada taskbar di bagian bawah layar yang dapat dibuka atau disembunyikan kapan saja dengan menekan lama. Saat terlihat, ini akan menampilkan pintasan aplikasi, sehingga memudahkan untuk berpindah antar aplikasi tanpa harus membuka layar beranda atau layar aplikasi terbaru terlebih dahulu. 

Anda juga dapat menarik dan melepas aplikasi dari bilah tugas untuk masuk ke mode layar terpisah, atau Anda dapat menggunakan tindakan ‘Pisahkan’ baru dalam ikhtisar untuk memulai layar terpisah dengan satu ketukan. Ada juga kontrol gerakan untuk menggulir aplikasi terbaru atau kembali ke layar beranda. Jadi navigasi di Android 12L harus lebih cepat dan licin daripada saat ini dengan tablet dan perangkat layar lebar lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement