Rabu 10 Nov 2021 16:00 WIB

Pendaratan Astronot NASA ke Bulan Mundur, China Duluan?

Pendaratan astronot dalam misi Artemis 3 tidak akan dilakukan setidaknya hingga 2025.

Rep: Idealisa masyrafina/Rizki jaramaya/ Red: Dwi Murdaningsih
Setelan baju astronaut untuk misi Artemis 2024.
Foto:

 

Kurang biaya

Litigasi HLS bukan satu-satunya faktor yang dia sebutkan untuk keterlambatan kembalinya manusia ke bulan.  "Sebelum tahun fiskal '22, Kongres sebelumnya tidak cukup uang untuk HLS," katanya. 

 

NASA meminta 3,3 miliar dolar AS untuk HLS dalam proposal anggaran tahun fiskal 2021, yang terakhir oleh pemerintahan Trump. Namun, Kongres hanya menyediakan 850 juta dolar AS. Target 2024 mungkin tidak bisa dicapai sejak awal. 

 

"Target pemerintahan Trump untuk pendaratan manusia 2024 tidak didasarkan pada kelayakan teknis," katanya. 

 

Awal tahun ini dia telah menyatakan keraguan tentang tujuan 2024 mengingat keadaan program HLS serta keterlambatan dalam pengembangan pakaian antariksa baru. NASA juga menunda Artemis 2, penerbangan Orion pertama yang membawa astronot. Nelson mengatakan pada briefing bahwa misi, yang sebelumnya dijadwalkan untuk diluncurkan pada 2023, telah ditunda hingga Mei 2024.

 

Jim Free, administrator asosiasi NASA untuk pengembangan sistem eksplorasi, mengatakan ada beberapa alasan penundaan itu. Salah satunya adalah dampak yang ditimbulkan oleh pandemi, termasuk dampaknya terhadap tenaga kerja serta rantai pasok program. 

 

Dia juga menyebutkan kerusakan di Gedung Majelis Michoud di New Orleans dari badai yang menyebabkan air masuk ke dalam dan merusak perangkat keras.

 

“Artemis 2 adalah kendaraan yang kompleks,” katanya, mengutip penundaan penambahan kontrol lingkungan dan perangkat keras sistem pendukung kehidupan ke pesawat ruang angkasa. 

 

"Ketika Anda menambahkan semuanya, begitulah semuanya pindah," tambahnya.

 

Biaya pengembangan Orion juga naik. NASA mengatakan pada briefing bahwa mereka mengatur ulang program, dengan biaya baru sebesar 9,3 miliar dolar AS dari tahun fiskal 2012 hingga Artemis 2. Perkiraan biaya program sebelumnya melalui Artemis 2 adalah 6,7 miliar dolar AS.

 

Ada banyak perubahan persyaratan. Ini termasuk penambahan operasi kedekatan, atau demonstrasi “proxops” pada Artemis 2 untuk menguji sistem yang diperlukan untuk docking yang diperlukan dengan pendarat bulan HLS pada Artemis 3. 

 

"Biaya terkait pandemi juga diperhitungkan dalam anggaran revisi," katanya.

 

Nelson mengatakan NASA tetap berkomitmen untuk mengirim manusia ke bulan meskipun ada penundaan terakhir ini, dan juga mendukung persaingan untuk layanan pendarat bulan di masa depan setelah Artemis 3. 

 

NASA akan mencari peningkatan dana yang signifikan untuk kompetisi itu, katanya, dimulai dengan permintaan anggaran tahun fiskal tahun 2023.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement