Sabtu 30 Oct 2021 06:19 WIB

Peneliti Lacak Fenomena Aurora Selama 3000 Tahun

Aurora ternyata pernah terjadi di daerah dengan garis lintang tengah.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Foto aurora di Bumi yang diambil dari ISS oleh astronaut ESA
Foto: esa
Foto aurora di Bumi yang diambil dari ISS oleh astronaut ESA

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Aktivitas aurora di Bumi bervariasi dari waktu ke waktu. Saat kutub magnet melayang, aurora dapat muncul di berbagai garis lintang di seluruh dunia. 

Aktivitas matahari juga memengaruhi aurora. Badai matahari yang kuat mendorong aurora lebih jauh ke garis lintang tengah.

Baca Juga

Dalam upaya untuk lebih memahami bagaimana aurora bergerak, bagaimana mereka akan bergerak di masa depan, dan ketika badai matahari yang kuat dapat menimbulkan ancaman, tim peneliti telah melacak aktivitas aurora selama 3.000 tahun terakhir.

Sepasang peneliti yang terkait dengan Institut Nasional Penelitian Kutub dan lembaga lain di Jepang telah menggunakan literatur kuno dan data modern untuk memetakan zona aurora yang bergeser selama tiga milenium terakhir. Dengan menemukan catatan sejarah dari budaya di seluruh dunia, mereka telah membuat video yang mencakup tiga ribu tahun aurora drift.

Mereka telah mempublikasikan penelitian mereka di Journal of Space Weather and Space Climate. Judul makalah ini adalah "Zona Aurora selama 3000 tahun terakhir" dan penulis pertama adalah Ryuho Kataoka, profesor di Institut Nasional Penelitian Kutub.

"Pengetahuan akurat tentang zona aurora selama 3.000 tahun terakhir, melalui catatan saksi lama aurora di seluruh dunia, termasuk yang berasal dari lintang rendah Jepang, membantu kita memahami badai magnet ekstrem," kata penulis pertama penelitian, Kataoka, dilansir di Universe Today, Kamis (28/10).

Sains memainkan peran bersama tulisan-tulisan kuno dalam penelitian ini. Paleomagnetisme adalah studi tentang bukti magnetik di bebatuan. Para peneliti menggunakan model paleomagnetik untuk memetakan zona aurora Bumi dari waktu ke waktu. 

Zona aurora adalah bentuk oval yang bergeser dari waktu ke waktu. Kebanyakan aurora terjadi sekitar 20 sampai 30 derajat dari kutub. Tapi zona itu bisa meregang lebih jauh ke garis lintang tengah ketika badai matahari yang kuat terjadi, bahkan di wilayah seperti Jepang.

"Zona aurora berubah dari waktu ke waktu, dan deformasi serta perluasan sporadis dari oval aurora tercatat dalam dokumen sejarah selama seribu tahun dari seluruh dunia," kata Kataoka.

Sepasang peneliti juga membaca teks Jepang yang disebut Nippon Kisho-Shiryo, yang berisi catatan aurora dan fenomena lainnya. Nippon Kisho-Shiryo memiliki sekelompok aurora sekitar tahun 1200 M.

Faktanya, pada abad berikutnya, data paleomagnetik menunjukkan bahwa zona aurora menjauh dari Jepang dan menetap di Greenland. Menurut penulis pertama, catatan sejarah cocok dengan bukti paleomagnetik.

Data paleomagnetik menunjukkan penurunan aurora lain di Inggris selama abad ke-18, yang juga cocok dengan catatan tertulis.

Salah satu tujuan peneliti adalah untuk mengetahui apakah laporan saksi aurora cocok dengan data paleomagnetik. Secara khusus, mereka ingin melihat apakah data ilmiah mendukung gagasan bahwa abad ke-12 adalah waktu terbaik di Jepang untuk menyaksikan aurora. Mereka dapat mengkonfirmasi itu, dan banyak lagi.

"Kami menyimpulkan bahwa abad ke-12 dan ke-18 adalah periode yang sangat baik bagi Jepang dan Inggris, masing-masing, untuk mengamati aurora dalam 3.000 tahun terakhir," kata Kataoka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement