Rabu 31 Jan 2024 10:46 WIB

Aurora Borealis Bakal Bersinar Sangat Terang pada 2024 Dibandingkan 1 Dekade Terakhir

Pada 2024, aurora akan terlihat lebih terang dibandingkan 1 dekade terakhir.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Aurora borealis (ilustrasi). Aurora diprediksi akan bersinar sangat terang pada 2024 dibandingkan satu dekade terakhir.
Foto: Dok. Freepik
Aurora borealis (ilustrasi). Aurora diprediksi akan bersinar sangat terang pada 2024 dibandingkan satu dekade terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cahaya utara atau aurora borealis akan bercahaya lebih kuat pada 2024 dibandingkan yang terjadi setidaknya dalam satu dekade. Pada tahun ini, fenomena langit tersebut akan terlihat lebih dekat bagi banyak orang. 

Dilansir Euronews, Rabu (31/1/2024), terjadinya pita-pita terang berwarna merah, hijau, dan magenta yang biasa disebut cahaya utara atau aurora borealis disebabkan oleh interaksi partikel yang berasal dari matahari, yang dikenal sebagai angin matahari, dengan atmosfer planet. Ketika partikel-partikel ini mencapai bumi, mereka disalurkan oleh medan magnet planet menuju wilayah kutub. Artinya, di belahan bumi utara, fenomena tersebut biasanya hanya terlihat di Lingkaran Arktik. 

Baca Juga

Jika Anda melewatkan aurora borealis saat liburan, jangan putus asa. Peluang-peluang Anda untuk melihatnya masih lebih tinggi dari biasanya tahun ini, khususnya sekitar ekuinoks bulan Maret dan Oktober.

Hal ini terjadi karena matahari semakin aktif sehingga menghasilkan tampilan-tampilan aurora yang lebih cerah. Matahari yang lebih aktif tidak perlu dikhawatirkan, namun hal ini hanya disebabkan oleh posisi bintang dalam siklus matahari-nya (solar cycle). 

Setiap 11 tahun, medan magnet matahari berubah total. Saat mendekati puncak tersebut pada tahun 2024 atau 2025, terjadi peningkatan dramatis pada sunspots yang merupakan ukuran seberapa aktif matahari. 

Dengan begitu, kemungkinan penampakan-penampakan aurora semakin. Tahun 2024 adalah waktu yang ideal untuk menikmati liburan aurora borealis di Eropa. Pada 2025 juga akan menjadi tahun dengan aktivitas matahari yang tinggi.

Dilansir Much Better Adventures, berikut merupakan beberapa negara favorit untuk melihat aurora borealis:

1. Norwegia 

Norwegia merupakan tempat yang bagus untuk melihat aurora borealis terutama di bagian utara negara itu. Kepulauan Lofoten dan Svalbard, sebuah kepulauan di bawah kutub utara, menyaksikan tampilan-tampilan yang sangat spektakuler. Much Better Adventures juga merekomendasikan Tromsø di daratan, yang posisinya tepat di bawah Auroral Oval. 

2. Islandia 

Islandia terkenal dengan pertunjukan aurora borealis yang spektakuler. Islandia juga merupakan negara dengan populasi paling sedikit di Eropa, yang berarti banyak langit gelap. Pergilah ke pantai Selatan Islandia untuk berburu aurora di Pantai pasir hitam Vik dan Reynisfjara, atau ke alam liar Taman Nasional Vatnajökull. 

3. Finlandia

Sebagian wilayah Finlandia terletak di atas Lingkaran Arktik, pada ketinggian ini, Anda berpeluang besar melihat aurora borealis. Anda bisa mengunjungi Taman Nasional Pyhä-Luosto di Lapland Finlandia, tempat Anda dapat menikmati panjat es (ice climbing) dan sepatu salju di samping pertunjukan aurora borealis yang semarak.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement