Jumat 20 Aug 2021 02:40 WIB

Catat! Ahad Besok akan Terjadi Fenomena Blue Moon

Purnama pada 22 Agustus mendatang termasuk ke dalam Bulan Biru Musiman.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih
Fenomena Blue Moon terlihat dari Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (31/10/2020). Fenomena Blue Moon merupakan bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan kalender dan yang pertama terjadi pada 2 Oktober 2020.
Foto:

Mengapa dinamakan Blue Moon? Blue Moon tidak benar-benar berwarna biru. Asal-usul historis istilah ini dan dua definisinya sebenarnya masih simpang siur. Kebanyakan pihak menganggapnya sebagai kesalahan interpretasi.

Banyak orang meyakini istilah Blue Moon yang dimaknai sebagai sesuatu hal yang terjadi sangat langka berasal dari ketika kabut asap dan abu vulkanik dari letusan gunung berapi mengubah Bulan menjadi berwarna kebiruan. Istilah ini sudah ada setidaknya sejak 400 tahun yang lalu dari penelusuran saat ini, yang mana seorang penutur cerita rakyat berkebangsaan Kanada, Philip Hiscock, mengusulkan bahwa penyebutan Blue Moon bermakna bahwa ada hal yang ganjil dan tidak akan pernah terjadi.

Seberapa langka Blue Moon terjadi?

Monthly Blue Moon dapat terjadi jika Bulan Purnama terjadi di sekitar awal bulan Masehi. Hal ini dikarenakan rata-rata lunasi sebesar 29,53 hari; lebih pendek dibandingkan dengan 11 bulan dalam kalender Masehi.

Seasonal Blue Moon terjadi sedikit lebih jarang daripada Monthly Blue Moon, dalam 1100 tahun, antara 1550 dan 2650, ada 408 Seasonal Blue Moon dan 456 Monthly Blue Moon. Dengan demikian, baik musiman maupun bulanan, Blue Moon terjadi kira-kira setiap dua atau tiga tahun.

 

Blue Moon yang benar-benar berwarna biru dapat terjadi sangat langka dan tidak ada hubungannya dengan kalender, fase Bulan atau jatuhnya musim, melainkan akibat dari kondisi atmosfer. Abu vulkanik dan kabut asap, droplet di udara, atau jenis awan tertentu dapat menyebabkan Bulan Purnama tampak kebiruan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement