Rabu 02 Aug 2023 12:07 WIB

14 Trik Potret Fenomena Supermoon dan Blue Moon Pakai Kamera Ponsel

Supermoon adala fenomena Bulan terlihat lebih besar dan lebih dekat dengan Bumi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Supermoon bisa tampak lengkap dan bercahaya saat terbit setelah matahari terbenam./ilustrasi
Foto: AP Photo/Petros Karadjias
Supermoon bisa tampak lengkap dan bercahaya saat terbit setelah matahari terbenam./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fenomena Supermoon atau peristiwa di mana Bulan terlihat lebih besar, lebih terang, dan lebih dekat dari biasanya dengan Bumi, bisa disaksikan pada awal Agustus 2023. Supermoon bisa tampak lengkap dan bercahaya saat terbit setelah matahari terbenam.  

Peristiwa spektakuler lainnya yang patut disaksikan pada Agustus 2023 adalah Blue moon yang jatuh pada 30 Agustus, menandai hari bulan purnama kedua di bulan ini. Bagi yang berencana untuk mengabadikan beberapa foto sempurna dari momen angkasa ini dengan ponsel cerdas, maka ada beberapa kiat praktis untuk Anda, seperti dikutip dari Gadgetsnow, Rabu (2/8/2023).

Baca Juga

 

1.Temukan lokasi yang lebih tinggi tanpa gangguan

Kunci untuk menangkap bidikan terbaik Supermoon atau peristiwa langit lainnya adalah menemukan tempat yang tepat. Anda memerlukan tempat yang lebih tinggi atau ruang terbuka tanpa gangguan seperti kabel listrik, bangunan, tiang lampu, dll untuk melihat langit dengan jelas. Artinya, Anda dapat menuju ke lapangan terbuka atau atap gedung bertingkat.

 

2. Dapatkan kestabilan dengan tripod

Ini penting karena kamera biasanya cenderung memotret pada kecepatan rana yang relatif lebih lambat untuk menangkap cahaya sebanyak mungkin.

 

3.Gunakan fitur pengatur waktu bawaan untuk mengurangi getar dan buram

Saat menekan tombol rana, ini menyebabkan beberapa gerakan dan dapat menghasilkan gambar yang goyah dan buram. Untuk menghindarinya, gunakan opsi pengatur waktu bawaan untuk membantu kamera mendapatkan kembali stabilitas. Atau, Anda juga dapat menggunakan rana jarak jauh berbasis Bluetooth nirkabel.

 

4. Dapatkan bantuan dari HDR

Aktifkan ini untuk mendapatkan detail, ketajaman, dan kualitas gambar yang lebih baik, terutama dalam situasi ini.

 

5.Gunakan Zoom optik

Ini bukan tentang jenis sensor zoom optik yang dimiliki ponsel Anda. Terlepas dari apakah ponsel memiliki lensa zoom optik 2x, 3x, atau 10x, gunakanlah karena setiap level zoom selangkah lebih dekat ke bulan.

 

6. Lebih banyak resolusi sama dengan detail yang lebih baik

Sebagian besar ponsel modern hadir dengan sensor resolusi tinggi. Jadi, jika ponsel Anda memiliki 50MP, 100MP, 200MP atau sensor lainnya, alihkan ke mode resolusi penuh lalu ambil bidikan. Tapi, hindari ini, jika Anda menggunakan lensa tele.

 

7.Fokus pada bulan

Beberapa ponsel mungkin mengalami masalah dalam pemfokusan karena cahaya redup. Jadi, bidik posisi bulan dan tekan lama untuk mengunci fokus untuk bidikan setajam mungkin.

 

8. Eksposur adalah musuh Anda, kendalikan secara manual

Sama seperti fokus, ambil kendali manual atas pengaturan eksposur. Untuk ini, ketuk bulan lalu geser ke bawah untuk mengurangi nilai eksposur. Ini akan mengurangi sorotan yang membakar detail dan menonjolkan garis dan detail lain dari permukaan bulan.

 

9. Bayangan sekeliling yang bagus dapat menambah kesan pada bidikan 

Bereksperimenlah dengan bingkai yang berbeda. Misalnya, Anda dapat mencoba menangkap bulan dari antara dua bangunan atau mencoba menangkap batang pohon dan menempatkan bulan di atasnya untuk menambah kesan kreatif.

 

10. Hindari lampu kilat

Merupakan kebiasaan umum untuk menggunakan lampu kilat guna menerangi sekeliling saat mengambil foto. Namun, untuk menangkap gambat bulan, lampu kilat bisa menghasilkan keluaran gambar berkabut.

 

11. Perhatikan level ISO

Jika Anda ingin menangkap bidikan bulan yang tajam dan mendetail, usahakan untuk menjaga level ISO serendah mungkin.

 

12. Gunakan mode Bulan bawaan

Beberapa smartphone premium memiliki mode bulan khusus. Gunakan itu jika Anda memiliki opsi tersebut di aplikasi kamera ponsel.

 

13. Pilih mode Go Pro

Jika ponsel Anda memiliki mode Pro atau Manual, gunakan itu untuk mendapatkan kontrol yang lebih terperinci atas kecerahan, kecepatan rana, ISO, fokus, zoom, dan lainnya.

 

14. Beralih ke RAW untuk kontrol yang lebih baik pada detail saat mengedit

Beralih ke RAW akan membantu Anda menangkap lebih banyak detail dan jangkauan dinamis. Ini akan membantu saat mengedit foto. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement