Kamis 18 Feb 2021 05:12 WIB

Amazfit GTR 2e dan GTS 2e, Perangkat Praktis Temani Olahraga

Amazfit GTR 2e dan GTS 2e bisa dipakai untuk berolahraga hingga pantau tidur.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Amazfit GTS 2e
Foto:

Saturasi oksigen

Republika.co.id juga mengukur SPO2 atau saturasi oksigen dalam darah setelah latihan karate. Saturasi oksigen dalam darah adalah rasio oksihemoglobin (HBO2) dengan volume total hemoglobin (Hb) dalam darah. Rentang pengukuran perangkat: 80 persen -100 persen.

Untuk mengukur SPO2, pengguna harus menaruh tangannya secara horizontal di meja atau tempat yang rata dengan layar jam menghadap ke atas. Pengguna harus diam sampai pengukuran selesai.

Pemantauan tidur

Tidur malam yang nyenyak adalah prioritas utama. GTS 2e mendukung pemantauan tidur yang mendalam menentukan tahapan tidur secara akurat, melacak kondisi pernapasan saat tidur dan memberikan analisis kualitas dan saran untuk peningkatan.

Amazfit mengklaim jam tangan mengenali tidur siang dari 20 menit (ketika mendeteksi bahwa pemakainya tidur antara tengah malam dan pukul 06.00, waktu tidur antara pukul 18.00 pada hari sebelumnya dan pukul 11.00 dapat dicatat sebagai waktu tidur malam. Tidur antara pukul 11.00 dan 18.00 yang berlangsung lebih dari 20 menit dicatat sebagai tidur siang. Tidur yang berlangsung kurang dari 20 menit tidak direkam) untuk merekam informasi tidur yang lebih lengkap.

Republika.co.id melakukan pemantauan tidur dua kali dengan GTR 2e. Hasil dari fitur ini dilihat di Zepp, setelah jam tangan pintar disambungkan ke aplikasi tersebut di ponsel.

Seseorang dapat melihat berapa lama ia telah tidur. Setelah itu, pengguna  berapa lama ia berada di fase lelap dan berapa lama berada di fase tidur ringan. Kemudian ada juga kategori lainnya seperti REM, tidur siang sebentar dan bangun.

Di dalam aplikasi ponselnya pun, seseorang bisa melihat bagaimana kualitas nafas tidur rata-rata, proporsi rata-rata tidur lelap, proporsi rata-rata tidur ringan, rasio REM rata-rata, waktu terbangun rata-rata, waktu tertidur rata-rata dan waktu bangun rata-rata. Contohnya, tidur malam selama lima jam 41 menit. Dari waktu tersebut, jumlah tidur lelapnya selama satu jam 17 menit dan jumlah tidur ringannya empat jam 24 menit.

Skor tidur tersebut bernilai 79. Kualitas pernapasan tidurnya 100 nilai, proporsi tidur lelap 23 persen, proporsi tidur ringan 77 persen, tidur mulai pukul 01:29 WIB dan terdapat keterangan “Telat”, serta bangun pada pukul 07.10 WIB. Di sini pemantauan memberi tahu “Terlalu telat tidur. Anda tidak cukup tidur. Waktu tidur lelap singkat” sekaligus saran jam berapa sebaiknya mulai tidur dan berapa lama tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement