Senin 01 Feb 2021 13:42 WIB

Cara Menghentikan Facebook Melacak Anda di Aplikasi dan Web

Facebook mengetahui aktivitas pengguna untuk menampilkan iklan yang relevan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Facebook
Foto:

Berikut ini cara menghentikan Facebook agar tidak melacak aktivitas pengguna. Untuk pengguna Android. Langkah pertama adalah buka aplikasi Facebook di smartphone dan ketuk ikon hamburger, yang terletak di sudut kanan atas layar.

Langkah kedua, gulir dan ketuk pada ‘Pengaturan & Privasi’. Langkah ketiga, kunjungi pengaturan > gulir > ketuk Aktivitas di luar Facebook. Untuk catatan , setelah pengguna membuka halaman ini, ini akan menunjukkan pada Anda aplikasi atau situs mana yang telah dikunjungi dan berbagi data pengguna dengan Facebook. Pengguna dapat mengetuk setiap aplikasi untuk mendapatkan informasi tambahan tentang data apa yang sedang dibagikan dan apa yang dilakukan Facebook dengan semua itu.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna mengunduh semua detail aktivitasnya. Untuk ini, pengguna perlu mengetuk tombol titik tiga yang terletak di opsi ‘Aktivitas Di Luar Facebook’. Kemudian, ketuk ‘Unduh Informasi Anda’ dari aktivitas di luar Facebook pengguna.

Langkah keempat, Ketuk Clear History. Ini akan memastikan bahwa pengguna hapus semua data yang dikumpulkan Facebook. Setelah pengguna menghapus riwayat, mereka akan melihat semua aplikasi menghilang dari atas layar.

Langkah kelima, sekarang untuk menonaktifkan opsi, pengguna perlu mengetuk ‘Opsi lainnya’ dan kemudian ‘Kelola Aktivitas Masa Depan’. Langkah keenam, ketuk lagi pada Kelola Aktivitas Masa Depan dan ketuk Aktivitas Masa Depan di Luar Facebook.

Pengguna iOS juga dapat mengikuti langkah yang sama. Satu-satunya perbedaan adalah pengguna akan menemukan menu hamburger di bagian bawah layar setelah mereka membuka aplikasi Facebook di perangkatnya.

Selain itu, apa yang terjadi di pengguna menonaktifkan aktivitas ‘Di Luar Facebook’? Setelah pengguna mematikan opsi ‘Aktivitas di luar Facebook’, pengguna Facebook tidak akan mendapatkan iklan yang dipersonalisasi berdasarkan aktivitas online harian mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement