Sabtu 02 Mar 2024 09:09 WIB

Meta Hapus Facebook News di AS dan Australia Bulan Depan 

Tab berita mengumpulkan jutaan dolar dalam bentuk kesepakatan-kesepakatan konten.

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Setyanavidita livicansera
Para peserta mengunjungi stan Meta di Game Developers Conference 2023 di San Francisco pada (22/3/2023).
Foto: AP Photo/Jeff Chiu, File
Para peserta mengunjungi stan Meta di Game Developers Conference 2023 di San Francisco pada (22/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Bulan depan, Meta akan menghapus Facebook News di Amerika Serikat (AS) dan Australia. Facebook News adalah pusat berita Facebook yang berlokasi di bagian bookmark platform. 

Dilansir Mashable, Sabtu (2/3/3034), Meta sudah menyingkirkan Facebook News di Inggris Raya (UK), Prancis, dan Jerman. Langkah ini seharusnya tidak mengejutkan bagi siapa pun yang telah mengikuti upaya Meta untuk menjauhkan platformnya dari politik dan berita. 

Baca Juga

Perusahaan tersebut mengatakan, mereka akan menghilangkan batasan untuk “memfokuskan waktu dan sumber daya-sumber daya  kita pada hal-hal yang menurut orang-orang ingin mereka lihat lebih banyak di platform ini, termasuk video berdurasi pendek”. Tidak ada lagi berita di Facebook sehingga platform dapat menghabiskan lebih banyak waktu dan uang untuk Reels. 

“Kami tahu bahwa orang-orang tidak datang ke Facebook untuk mencari Berita dan konten politik, mereka datang untuk terhubung dengan orang-orang dan menemukan peluang-peluang, semangat-semangat, dan minat-minat baru,” kata Meta dalam sebuah postingan blog

“Seperti yang kami sampaikan sebelumnya pada tahun 2023, berita hanya mencakup kurang dari tiga persen dari apa yang orang-orang di seluruh dunia lihat di feed Facebook mereka, dan merupakan bagian kecil dari pengalaman Facebook bagi sebagian besar orang.”

Anda masih dapat melihat tautan-tautan ke artikel berita dan mengikuti para penerbit berita di halaman-halaman dan akun-akun Facebook mereka. Namun tab berita mengumpulkan jutaan dolar dalam bentuk kesepakatan-kesepakatan konten untuk para penerbit, yang semuanya akan dihentikan. 

Seperti yang tertulis dalam postingan blog tersebut, tidak akan ada kesepakatan-kesepakatan komersial baru untuk berita, dan tidak akan menawarkan produk Facebook baru khusus untuk para penerbit berita di masa depan.

Jika karena alasan tertentu Anda ingin mengunduh data Facebooks News Anda, kunjungi informasi Facebook Anda di pengaturan profil Anda. Sebelumnya, CEO Meta, Mark Zuckerberg, diketahui telah mencoba produk headset mixed reality (AR/VR) Apple Vision Pro dan mengungkapkan opini pribadinya. Dalam sebuah video yang diposting ke akun Instagramnya pada Selasa (13/2/2024), Zuckerberg membandingkan Vision Pro dengan headset Quest tiga terbaru perusahaannya. 

“Saya tidak hanya berpikir bahwa Quest punya kemampuan yang lebih baik, tapi Quest juga merupakan produk yang lebih baik,” katanya dikutip dari The Verge, Jumat (16/2/2024).  Zuckerberg menyoroti upaya Apple menghadirkan tampilan paling mewah dan bentuk produk yang menarik untuk dipakai di kepala. Tetapi Quest 3 memiliki bobot lebih ringan 120 gram, sehingga nyaman dipakai lebih lama. 

Dia juga mengatakan, pemakaiannya memungkinkan ruang gerak lebih besar karena wireless dan jarak pandang yang lebih luas daripada Vision Pro. Menurutnya, Quest memiliki pengontrol tangan fisik dan pelacakan tangan untuk input juga lebih baik. 

Zuckerberg penyuka fitur pelacakan mata untuk beberapa kasus penggunaan dan mengisyaratkan akan ada headset Meta di masa depan setelah Quest Pro. Dia mengatakan Quest memiliki perpustakaan konten “imersif” yang lebih baik daripada Apple, dan secara teknis berlaku untuk saat ini. 

Zuckerberg mengaku Vision Pro adalah perangkat hiburan yang lebih baik. Namun Faktanya bahwa Quest 3, seperti yang dikatakan Zuckerberg, memiliki harga yang tujuh kali lebih murah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement