Jumat 26 Apr 2024 18:04 WIB

Meta AI tidak Dapat Dimatikan 

Meta telah mengintegrasikan Meta AI ke dalam bilah pencarian.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Meta telah mengintegrasikan Meta AI ke dalam bilah pencarian.
Foto: AP Photo/Jenny Kane, File
Meta telah mengintegrasikan Meta AI ke dalam bilah pencarian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika pernah membuka Facebook, Instagram, atau WhatsApp dalam sepekan terakhir, kemungkinan besar Anda memperhatikan bahwa bilah pencarian di semua platform tersebut sekarang terlihat berbeda. Meta telah mengintegrasikan Meta AI ke dalam bilah pencarian ini, yang secara efektif mengubah setiap fitur pencarian platformnya menjadi chatbot kecerdasan buatan (AI). 

Dilansir Mashable SE Asia, Jumat (26/4/2024), semua bilah pencarian di Facebook, Instagram, dan WhatsApp kini didukung oleh Meta AI. Pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp kini dapat menanyakan apa pun pada platform ini di bilah pencarian, dan Meta AI, yang didukung oleh model bahasa besar sumber terbuka (LLM) Llama 3 baru dari Meta, akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. 

Baca Juga

Namun, bagaimana jika Anda tidak ingin melakukan hal tersebut? Jika pengguna menggunakan Facebook, Instagram, atau WhatsApp, itu karena mereka ingin menggunakan fitur yang dikenal dengan aplikasi tersebut. Jika seseorang ingin menggunakan chatbot AI, sepertinya mereka akan menggunakan ChatGPT, atau platform Meta AI yang berdiri sendiri, atau chatbot AI mana pun yang tampaknya tidak ada habisnya yang bermunculan hampir setiap hari sekarang. 

Meta AI tidak dapat dimatikan

Anda tidak dapat mematikan Meta AI. Jika sangat membenci Meta AI, satu-satunya pilihan yang memungkinkan Anda menghapusnya dari kehidupan Anda saat ini adalah dengan menghapus akun Facebook atau Instagram Anda. 

“Meta AI bertujuan untuk menjadi asisten yang membantu dan ada di bilah pencarian untuk membantu menjawab pertanyaan Anda,” kata Meta dalam sebuah pernyataan.

"Anda tidak dapat menonaktifkannya dari pengalaman ini, tetapi Anda dapat menelusuri cara Anda biasanya berinteraksi dengan berbagai hasil," katanya.

Meta AI dilaporkan memberi tahu para pengguna ketika ditanya tentang mematikannya bahwa ada cara untuk melakukannya. Tetapi Meta AI salah. Ingat, chatbot AI tidak bisa berpikir seperti asumsi orang-orang saat menonton film tentang AI yang sadar diri. 

Sebaliknya, ini hanyalah model bahasa yang bertujuan untuk menyenangkan pengguna dengan memberikan informasi yang menurut mereka paling mungkin mereka harapkan, terkadang meskipun informasi tersebut salah.

Namun, seperti dijelaskan Meta, pengguna tetap bisa memanfaatkan fungsi-fungsi pencarian di Facebook, Instagram, dan WhatsApp seperti yang dilakukan sebelumnya. Mashable telah mencobanya. Pencarian profil, para pengguna, postingan, dan lainnya terus berfungsi apa adanya, tidak memerlukan AI.

Jika Meta memutuskan untuk memberikan opsi untuk mematikan Meta AI, kami akan memperbarui bagian ini untuk memberi Anda proses langkah demi langkah untuk melakukannya. Namun, hingga saat itu tiba, Meta AI akan tetap ada.

Tetapi, meskipun logo Meta AI kecil di bilah pencarian mungkin mengganggu dan saran-saran AI mungkin muncul sewaktu-waktu, sebagian besar pengguna dapat mengabaikan AI dan menggunakan pencarian Facebook, Instagram, dan WhatsApp seperti biasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement