Selasa 26 Jan 2021 11:56 WIB

Evolusi Gim Jadul di Ponsel Hingga Lahirnya Ponsel Gaming

Ponsel pertama yang memainkan gim jauh lebih sederhana daripada saat ini.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Bermain gim (ilustrasi)
Foto:

Tentu saja, ketika memikirkan permainan ponsel awal, pikiran langsung tertuju pada Snake. GSMArena beberapa dari Anda mungkin tidak mengetahui ini, tetapi Snake juga memiliki multipemain. Alih-alih makan apel, dua pemain menyelinap dan mencoba untuk memblokir satu sama lain. Nokia 6110 sebenarnya mendukung mode ini dengan dua ponsel yang berkomunikasi melalui inframerah.

Seperti yang ditunjukkan oleh contoh Ericsson, permainan semacam itu adalah bagian dari perangkat lunak ponsel, pengguna tidak bisa begitu saja mengunduh dan menginstalnya.

Ponsel seperti Siemens SL45i dan Nokia 3410 dari 2001/2002 termasuk yang pertama mendukung aplikasi Java “MIDlet”. Prosesor di SL45i biasanya berjalan pada 13MHz tetapi di-overclock menjadi 26MHz ketika pengguna meluncurkan aplikasi Java. Nokia sangat mengesankan ketika menjalan salah satu gim seluler 3D pertama, Muniki Castle.

Ponsel gaming khusus pertama mulai muncul dengan segera. GSMArena sudah menyesali kegagalan Nokia N-Gage yang diluncurkan pada 2003 dan Sony Ericsson Xperia Play pada 2011. Samsung SPH-B5200 dari 2006 juga termasuk ponsel gaming. Kini, semakin banyak ponsel gaming beredar di pasaran dengan persaingan yang semakin ketat. Ponsel-ponsel ini umumnya menawarkan baterai dengan kapasitas yang tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement