Senin 11 Jan 2021 11:02 WIB

Ilmuwan Temukan Cara Buat Bahan Bakar Roket di Mars

Ilmuwan akan mengguankan seng sebagai katalis untuk membuat bahan bakar roket di Mars

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Mars
Foto:

Karbon dioksida tersedia berlimpah di Mars, karena merupakan mayoritas di atmosfer Mars.  Sementara metode ini akan membutuhkan astronot untuk membawa beberapa katalis bersama mereka, itu akan menjadi jumlah yang jauh lebih kecil daripada bahan bakar yang dapat dibuatnya. Katalis juga mudah diangkut.

“Seng pada dasarnya adalah katalisator yang hebat. Memiliki waktu, selektivitas dan portabilitas-nilai tambah yang besar untuk perjalanan luar angkasa,” ujar Xin.

Sebagian besar roket saat ini menggunakan bahan bakar berbasis hidrogen, tetapi ada penelitian yang dilakukan untuk menggunakan bahan bakar berbasis metana di masa depan. Mesin SpaceX Raptor, yang akan digunakan pada kendaraan peluncuran berat perusahaan Starship yang akan datang, menggunakan bahan bakar berbasis metana.

Namun, masih banyak penelitian yang harus dilakukan tentang penciptaan dan penggunaan bahan bakar metana sebelum teknik ini dapat digunakan di Mars.

“Banyak rekayasa dan penelitian diperlukan sebelum ini dapat diterapkan sepenuhnya. Tapi, hasilnya sangat menjanjikan,” kata Xin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement