Rabu 06 Jan 2021 04:10 WIB

Satelit Ungkap Peristiwa Iklim Ekstrem Tahun 2020

Tahun 2020 menjadi pengingat akan parahnya krisis iklim yang dihadapi dunia.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Dwi Murdaningsih
Pada 4 Januari 2020, Spektroradiometer Pencitraan Resolusi Sedang NASA menangkap gambar asap tebal berwarna cokelat yang melayang di Australia Tenggara.
Foto:

Kekeringan

Meskipun gambar yang ditunjukkan tampaknya menunjukkan oasis yang subur dan hijau, gambar yang diambil oleh Landsat NASA itu sebenarnya mengungkapkan cekungan sungai dari Sungai Parana di Argentina yang kering.

photo
Pada 3 Juli 2020, satelit menangkap gambar sungai dengan warna palsu di dekat Rosario, kota pelabuhan utama di Argentina. - (nasa)

Cuaca hangat dan kekeringan yang tidak biasa di Brasil selatan, Paraguay, dan Argentina Utara dalam waktu yang lama menyebabkan sungai itu turun ke level terendah dalam beberapa dekade. Kekeringan tidak hanya berkontribusi pada peningkatan aktivitas kebakaran di sekitar delta dan daerah dataran banjir, tetapi juga mempengaruhi bisnis dan penduduk lokal.

Kapal-kapal karam dan permukaan air yang rendah menelan biaya jutaan dolar di industri biji-bijian. Aktivitas manusia telah dikaitkan dengan risiko kekeringan dunia sejak awal abad ke-20.

Gas rumah kaca yang dihasilkan oleh pembangkit listrik, pertanian, mobil, kereta api, dan aktivitas manusia secara umum telah memengaruhi risiko kekeringan. Para ahli memperkirakan bahwa kekeringan yang terkait dengan perubahan iklim akan memburuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement