Senin 04 Jan 2021 13:27 WIB

Misi Luar Angkasa yang Bakal Diluncurkan 2021

Tahun 2021 adalah tahun yang penting untuk penelitian ruang angkasa.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Alam semesta (ilustrasi).
Foto:

Artemis: Generasi luar angkasa baru

Program Artemis NASA, yang berupaya untuk mendaratkan wanita pertama dan pria berikutnya di bulan pada tahun 2024, membuat langkah besar tahun lalu meskipun ada pandemi. Dan 2021 kemungkinan akan melihat lebih banyak kemajuan dan pencapaian untuk program ini.

Tonggak pencapaian yang dicapai untuk program Artemis sejauh ini termasuk pengenalan Perjanjian Artemis dan penandatanganan oleh negara lain; penyelesaian tahap inti roket SLS dan kapsul awak Orion yang akan membawa astronot Artemis ke luar angkasa. Ada pula kemajuan di pos terdepan bulan Gateway yang akan membantu astronot mendarat di bulan.

Tim pertama yang terdiri dari 18 astronot Artemis juga diumumkan. Tim itu adalah kelompok beragam yang mencakup beberapa orang baru di NASA serta veteran penerbangan luar angkasa.

Para astronot akan menjelajahi kutub selatan bulan, dengan fokus melakukan sains eksperimental dan mempelajari lebih lanjut tentang asal-usul air di bulan di antara tujuan sains lainnya.

Sementara misi Artemis pertama pada November 2021 akan menjadi uji terbang tanpa awak. Artemis II akan menjadi awak terbang di bulan pada Agustus 2023. Misi tersebut akan membuka jalan bagi Artemis III, ketika astronot kembali ke permukaan bulan.

Volatiles Investigating Polar Exploration Rover atau VIPER, akan membuat peta sumber air pertama di bulan untuk eksplorasi ruang angkasa manusia di masa depan setelah mendarat di permukaan bulan pada tahun 2022. Kamp Landasan  Artemis dapat didirikan di kutub selatan bulan pada akhir dekade ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement